Berapa Berat badan yang ideal untuk ibu hamil ?

Berapa Berat badan yang ideal untuk ibu hamil ?

01/11/15 9:39 AM

Tren.co.id Masalah berat badan ibu hamil ini selalu menjadi pantauan bagi ibu hamil sendiri. Setidaknya setiap trimester baik trismester pertama sampai ketiga terus mengalami peningkatan yang normal dalam hitungan dokter.

Biasanya pada trimester pertama ibu hamil akan mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan yang drastis, namun hal demikian dapat dimaklumi karena adanya kendala-kendala dalam ibu hamil. Misalnya ibu hamil mengalami muntah-muntah sehingga kenaikan berat badannya sedikit sekali. Untuk trimester yang kedua dan ketiga inilah akan mengalami lonjakan berat badan yang sangat pesat, bahkan terkadang seoarang ibu hamil sampai kurang mengontrol asupan makanan yang dimakan. Sehingga terlalu over berat badannya juga tidak baik bagi janin yang dikandungnya.

Untuk Berat badan ideal ibu hamil. Sebenarnya berat badan normal saat kehamilan berkisar antara 12-15 kg. Hal demikian dikarenakan diikuti perkembangan janin yang sangat pesat. Pertumbuhan janin inikurang lebih 10 gr perhari. Kira-kira perekembangannya dalam minggu ke 16 peningkatannya sekita 90 gr, minggu ke 20 peningkatannya sekitar 256 gr, minggu ke 24 sekitar 680 gr, dan minggu yang ke 27 sekitar 900 gr. Mitos yang sering kali orang-orang bilang kalau makan untuk dua orang menjadikan ibu-ibu hamil lebih banyak makan dengan porsi yang berlebihan. Untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan biasa disebut dengan overweight. Resiko lain dari overweight ini dapat mengahambat sistem kerja plasenta yang berfungsi untuk oksigen ke janin. Sebaiknya bagi ibu hamil overweight dianjurkan untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari atau bisa juga dengan berenang.

Ada juga yang namanya underweight yaitu berat badan yang kurang dari angka normal ibu hamil. Bagi ibu hamil yang mengalami underweight diharapkan untuk meningkatkan lagi berat badannya perminggu 0,5 kg. Karena kalau tidak begitu akan menghambat pertumbuhan janin dan kalahirannya pun akan mengalami prematur.

Jadi untuk ibu hamil jangan sampai ada yang overweight/underweight, usahakan kondisi anda selalu normal agar bayi dalam keadaan sehat. Dan itulah sedikit pengetahuan tentang Untuk Berat badan ideal ibu hamil.

Bagikan di Facebook Berat Badan IdealIbu HamilKesehatantips