Berdiam Diri Ternyata Punya Efek Yang Mengagumkan Bagi Otak

Berdiam Diri Ternyata Punya Efek Yang Mengagumkan Bagi Otak

Diam Punya Efek Mengagumkan Untuk Otak

Tren.co.id – Kebanyakan orang mau bicara, guna menyatakan perasaannya dan lain-lain. bahkan ada juga orang yang suka menggosip dengan menghabiskan waktu selama berjam-jam Cuma untuk berbicang dengan temannya. Menyatakan perasaan dengan speak up memang sangat penting, karena dia tak mengatasi masalah.

Orang tak akan mengetahui apa keinginan anda dan gimana perasaan anda bila anda hanya diam dan menyimpan perasaan hanya diam malah dapat membuat anda merasa sakit. Namun nyatanya diam juga ada manfaatnya mengejutkan bagi otak, bila anda melakukan secara tepat beginilah manfaatnya.

1. Regenerasi sel-sel otak

Penelitian pada tahun 2013 yang terbit di jurnal Brain, Structure and Function menganalia respon dari otak tikus pada berbagai macam suara yang berbeda dalam keheningan. Dengan mengejutkan, tikus diberi waktu selama 2 jam di keheningan nyatanya mengembangkan sel-sel yang ada di otak bagian hippocampus yakni bagian otak termasuk ingatan, emosi dan cara belajar. Dugaan pun hal ini juga berlaku dengan manusia.

2. Otak makin fokus menganalisis dan memproses informasi

Ketika hening, tak ada gangguan suara, otak menjadi cepat untuk bekerja dalam menyelesaikan tugas atau hal-hal yang berkaitan pada konsentrasi tinggi seperti hitungan dan analisis. Penelitian pada tahun 2001 mengungkapkan bahwa saat tidur otak lebi baik dalam memproses informasi dalam kondisi sepi dan hening.

3. Melepas stres dan beban pikiran

Setelah seharian ada di lingkungan yang ramai dan bising, tidakkah anda mau mengistirahatkan otak dan telinga dalam sejenak di kondisi sepi ? ini bisa jadi cara yang efektif dalam mengurangi stress dan melepas beban. Hanya perlu pergi ke balkon dan rasakan angin diatas sana tidak ada suara apapun.

4. Meningkatkan kemampuan kognitif

Polusi suara dapat membuat otak kesulitan dalam melakukan tugas mengasah kemampuan kognitif. Keseringan terkena polusi suara dapat mengacaukan motivasi belajar anak dan kerja jadi terganggu. Itulah mengapa sebaiknya anak belajar dalam kondisi tenang karena mampu mengasah kemampuan kognitif mereka. Karena dunia telah sangat bising, ramai saling bersuara, kini waktunya anda meluangkan waktu sendiri, diam sejenak tak ada suara, dan anda akan sadar pada perbedaannya. Kadang anda hanya perlu diam sejenak sehingga dapat menikmati hidup.