Berita Bola Terbaru Hari Ini : Jelang Myanmar Vs Indonesia, Begini Strategi Eduard Tjong

Berita Bola Terbaru Hari Ini : Jelang Myanmar Vs Indonesia, Begini Strategi Eduard Tjong

TREN.CO.ID, HANOI–Laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 menghadapi Myanmar sesaat lagi kick off.

Skuad besutan Eduard Tjong itu bakal melaluinya dengan tidak mudah. Sebab, lawan pertama timnas U-19 adalah salah satu unggulan di grup B selain Thailand dan Australia, yakni Myanmar.

Laga di Vietnam Youth Training Football Centre itu memang diprediksi bakal sengit. Selain karena pertandingan pertama yang notabene selalu ketat, dua tim memiliki karakter bermain yang hampir sama. Yakni, cepat dalam menggalang serangan.

’’Saya yakin, kedua tim mencoba lebih banyak mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Selain fokus dengan itu (strategi penyerangan, Red), kami mencari formula untuk membendung serangan lawan,’’ kata Edu –sapaan akrab Eduard Tjong– kepada Jawa Pos (Induk Pojoksatu.id) dalam sesi latihan timnas U-19 di lapangan ABC Phuong Dong, Hanoi, Minggu (11/9).

Pernyataan mantan pelatih PS TNI tersebut memang beralasan. Sebab, dalam pengamatannya, Myanmar selalu setia dengan skema menyerang 4-3-3. Di sisi lain, Edu memainkan formasi 4-2-3-1. Menurut dia, pakem itulah yang paling ideal untuk bisa mengimbangi agresivitas permainan Myanmar. ’’Memang ada sedikit negative football di formasi itu. Tetapi, kami tidak ingin mengambil risiko karena Myanmar adalah tim dengan ciri permainan spartan. Para pemainnya selalu bergerak untuk mengejar ke mana pun bola bergulir,’’ ungkap Edu.

Eks penggawa Arseto Solo tersebut juga mewaspadai penyerang Myanmar Aung Kaung Mann. Menurut dia, pergerakan penyerang bernomor punggung 17 tersebut adalah ancaman utama barisan belakang timnya. Apalagi, kapten sekaligus bek tengah Andy Setyo Nugroho tidak bisa tampil lantaran masih menjalani pemulihan cedera paha.

’’Absennya Andy memang sangat disayangkan. Tetapi, kami tidak terlalu panik karena kualitas pemain yang ada cukup merata,’’ jelas Edu.

(fat/tren)