Berita Bola Terbaru Hari Ini : PPN Segera 10 Persen, Industri Rokok Belum Siap

Berita Bola Terbaru Hari Ini : PPN Segera 10 Persen, Industri Rokok Belum Siap

TREN.CO.ID – Berita Bola Terbaru Hari Ini PPN Segera 10 Persen, Industri Rokok Belum Siap

Ilustrasi. Photo: Jawa Pos.Com/JPNN.Com

JAKARTA–  Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Suahasil Nazara menuturkan, pemerintah memiliki mengutip Pajak Pertambahan Nilai (PPN) rokok sebesar sepuluh persen saat product itu keluar dari pabrik.

Tersebut masih tetap ditambah sepuluh persen lagi saat pedagang besar menjual rokok ke pengecer atau masyarakat.

Suahasil memaparkan, skema ini di ambil pemerintah biar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mampu meningkatkan basis data perpajakan lewat nomor pokok perlu pajak (NPWP) perusahaan-perusahaan pendukung industri rokok.

Suhasil menuturkan, sistem itu udah dikomunikasikan ke industri tembakau. Industri, lanjut Suahasil, siap akan tetapi butuh waktu dari bagian rantai produksinya biar semua taat pajak.

Terkait kebijakan ini, industri udah menyuarakan penolakan akan kebijakan ini. Kebijakan itu dinilai juga sebagai inkonsistensi pemerintah dalam mengaplikasikan kebijakan yang udah diterapkan serta di setujui sebelumnya.

Satu diantaranya dari Forum Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi). Suhardjo Sekretaris Jenderal Formasi menuturkan, sejatinya pengenaan PPN sepuluh persen tersebut anyar bakal diterapkan terhadap 2018 lain kesempatan.

Pasalnya tahun ini PPN rokok udah dinaikkan dari mulanya 8,4 persen di 2015 jadi 8,7 persen di Januari 2016.

Terhadap 2017 nanti, PPN rokok dijadwalkan naik jadi 8,9 persen. Terhadap tahun lalu anyar naik jadi 9,1 persen.