Berita Hari Ini : Bareskrim Sita Bahan Makanan Kadaluarsa di Restoran Gandaria City

Berita Hari Ini : Bareskrim Sita Bahan Makanan Kadaluarsa di Restoran Gandaria City

TREN.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri menyita bahan baku makanan dari restoran Jepang, Marugame Udon di gerai Gandaria City yang diduga telah kadaluarsa. Saat ini penyidik masih menunggu hasil uji labratorium forensik untuk mengetahui apakah bahan tersebut berbahaya.

Direktur Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri Brigjen Purwadi mengatakan, pihaknya tetap menganut azaz praduga tak bersalah. Sehingga selain diperiksa di Labfor milik Polri, penyidik juga akan membawa sampel tersebut ke laboratorium milik BPOM dan IPB di Bogor.

“Apakah barang ini berbahaya atau tidak, kami sedang periksa ke labfor dan koordinasi dengan SGS, badan pangan independen apakah ini berdampak negatif atau kami akan periksakan ke BPOM IPB apakah barang kadaluarsa tersebut berbahaya,” kata Purwadi di Mabes Polri, Selasa (6/9/2016).

Lebih lanjut, Purwadi menerangkan kasus dugaan pemakaian bahan kadaluarsa ditangani sejak April. Namun, penyidik hanya menanganani Marugame Udon, tidak Pizza Hut yang juga diduga menggunakan bahan kadaluarsa.

Jenderal bintang satu itu mengaku menerima laporan masyarakat dan langsung melakukan penyelidikan.

“Kami temukan dan lakukan penyitaan di sana. Bahannya diduga kadaluarsa. Kami juga telah memeriksa 15 orang saksi. Untuk penetapan tersangka kami masih proses lidik,” tambah Purwadi.

Bila nanti terbukti bahan-bahan yang dipakai itu berbahaya untuk dikosumsi, maka akan ditindak secara pidana.

“Yang kita pakai nanti undang-undang pangan dan perlindungan konsumen,” tandas Purwadi.

(yud/tren)