Berita Hari Ini : Hati-hati Indonesia Paling Berisiko Terjangkit Virus Zika

Berita Hari Ini : Hati-hati Indonesia Paling Berisiko Terjangkit Virus Zika

TREN.CO.ID, JAKARTA – Sebuah penelitian mengungkapkan 2,6 miliar orang yang tinggal di Asia dan Afrika lebih berisiko terjangkit virus Zika.

Disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan pada Jumat (2/9) tersebut bahwa faktor iklim yang memungkinkan nyamuk penyebar virus Zika berkembang biak dengan cepat.

“Menurut skenario kami, penduduk yang tinggal dalam rentang geografis untuk virus Zika yang tertinggi ada di India (1,2 miliar orang), Cina (242 juta), Indonesia (197 juta) Nigeria (179 juta), Pakistan (168 juta), dan Bangladesh (163 juta),”kata Derek Gatherer dari Lancaster University, pemimpin penelitian yang diterbitkan di The Lancet Infectious Diseases.

Dalam penelitian, tim tersebut menggunakan data perjalanan udara, peta penyebaran nyamuk dan kondisi iklim, dan informasi d kepadatan penduduk dan anggaran kesehatan untuk menyusun model risiko epidemiologi.

Seperti diketahui, virus Zika mulai mewabah pada pertengahan 2015 lalu. Tercatat ada tujuh belas negara yang telah melaporkan kasus mikrosefali. Bahkan virus Zika telah menjangkiti sekira 1,5 juta orang di Brazil.

(ra/pojoksatu/channelnews)