Berita Hari Ini : Kejagung Panggil Oknum Jaksa Penerima Suap Kasus Gula Impor

Berita Hari Ini : Kejagung Panggil Oknum Jaksa Penerima Suap Kasus Gula Impor

Berita Hari Ini : Kejagung Panggil Oknum Jaksa Penerima Suap Kasus Gula Impor

TREN.CO.ID, JAKARTA – Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung, Widyo Pramono akan memanggil Faizal jaksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, yang menjadi tersangka kasus suap kuota gula impor di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam kasus tersebut juga menyeret Ketua DPD RI Irman Gusman (IG) sebagai tersangka.

“Saya mendengar itu selaku Jamwas wajib mengklarifikasi sejauh mana kebenaran informasi itu,” kata Widyo di Kejagung, Senin (19/6/2016).

Namun sebelum memanggil oknum jaksa itu, kata Widyo, Kejagung menunggu proses hukum yang dilakukan oleh KPK. Pasalnya, lembaga anti rasuah tersebut lebih dulu menangani kasus suap.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa pihaknya akan meminta keterangan dan pertanggungjawaban dari tempat jaksa itu bertugas.

“Kita sudah panggil Askajati Sumbar, sudah panggil Aspidsus yang mana atasan bersnagkura, panggil Aspidum, saya juga sudah panggil yang bersangkutan. Seandainya masih belum ada sama pihak yang saya sampaikan tadi (KPK),” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menerangkan suap gula impor yang menyeret Irman Gusman berawal penyelidikan KPK terhadap perkara tersangka Direktur CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto di Pengadilan Negeri Padang.

Xaveriandy (pemberi suap ke IG) diduga memberi uang sebesar Rp365 juta kepada Faizal untuk mengurus perkara yang sedang disidangkan. Faizal juga merupakan jaksa yang mendakwa Xaveriandy dalam perkara penjualan gula tanpa SNI.

“Namun dalam persidangan, Faizal juga bertindak seolah-olah sebagai penasihat hukum terdakwa. Misalnya, Faizal membuat eksepsi untuk Xaveriandy dan mengatur saksi yang menguntungkan bagi terdakwa,” kata Alexander di Gedung KPK, Sabtu (17/9/2016).

(yud/tren)