Berita Hari Ini : Sulteng Resmi Lepaskan Beberapa Kabupaten bagi Bentuk Sultim

Berita Hari Ini : Sulteng Resmi Lepaskan Beberapa Kabupaten bagi Bentuk Sultim

TREN.CO.ID, PALU – Sulawesi Tengah akhirnya melepaskan beberapa kabupaten bagi bergabung membentuk provinsi anyar di ujung timut pulau itu. Provinsi baru tersebut diberi nama Sulawesi Timur (Sultim).

Anggota DPRD Sulteng, Nasution Camang, dalam status facebooknya Rabu malam menyampaikan, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sulteng udah membacakan persetujuan DPRD Sulteng masalah pembentukan Sultim itu kepada Rabu (31/8).

“Sultim telah oke. Keputusan DPRD telah dibacakan sekwan,” tulisnya, Rabu (31/8).

tidak hanya tersebut, anggota DPRD asal Partai Nasdem ini merincikan beberapa keputusan DPRD Sulteng, pada lain masalah ibu kota provinsi ada di Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai.

“buat lokasi yang masuk dalam provinsi anyar ini, yakni Kabupaten Banggai, Tojo Una-una (Touna), Morowali, Banggai Kepulauan (Bangkep), Banggai Laut (Balut) serta Morowali Utara,” tulis Tion, panggilan akrabnya.

buat mensupport proses penyelenggaraan pemerintahan, Sulteng, untuk provinsi induk, bakal mengalokasikan APBD sebanyak Rp10 Miliar sepanjang 10 tahun dengan cara berturut-turut. Sementara bagi aset sulteng yang ada di lokasi Sultim, bakal diserahkan.

Terhadap penentuan gubernur anyar daerah itu nantinya, Sulteng akan memberi dana hibah sebesar Rp20 trilun.

Semata-mata di ketahui, pemekaran provinsi anyar Sultim ini telah lama diwacanakan. Pernah terjadi tarik ulur masalah ibu kota provinsi pada Luwuk serta Poso. Poso mengklaim untuk daerah tertua di Sulteng serta punya posisi strategis. Sementara Luwuk, jadi kota masa depan yang jadi magnet ekonomi kuat bagi pertumbuhan kota anyar. Tetapi kepada akhirnya, Poso tidak masuk dalam lokasi Sultim.

(ril/tren)