Berita Hari Ini : Thailand Membiayai Sendiri Proyek Kereta Cepatnya Yang Sebelumnya Menolak China

Berita Hari Ini : Thailand Membiayai Sendiri Proyek Kereta Cepatnya Yang Sebelumnya Menolak China

Tren.Co.Id – Kebijakan pemerintahan Bangkok dalam proyek kereta cepatnya diputuskan untuk membiayai sendiri semua pembangunan proyek yang menghabiskan dana diperkirakan lima belas milyar dolar AS. Hal ini dilakukan karena sebab tidak adanya kesepakatan dengan negara China, khususnya tentang pembagian ongkos pembangunan.

Sebelumnya diberitakan bahwa China dan Bangkok sekitar bulan Juli tahun lalu, telah menyepakati kerjasama untuk membangun jalur kereta api dengan jalur ganda sejauh 870 kilometer dari Nang Thai pebatasan dengan negara Laos ke penjuru negara tersebut. Awal pembangunannya sekitar bulan Oktober mendatang dan diharapkan akan beroperasi layanan kereta cepat pada tahun 2020. Dan relnya diharapkan dapat menanggung beban barang dan penumpannya sekaligus dengan laju kereta tersebut diperkirakan 180 kilometer perjam. Di bawah rencana yang lain, bahwa Bangkok juga akan segera membangun jaringan kereta api cepatnya yang dapat dilalui dengan kecepatan sekitar 250 kilometer perjam, jalur tersebut akan melalui dari ibukota Thailand menuju ke Kota Nakhon Ratchasima di bagian timur laut Bangkok.

Meskipun rencana dalam membiayai proyek kereta cepatnya ini, Bangkok tetap bekerja sama dengan negara tirai Bambu karena telah terjadi kesepakatan sebelumnya, sehingga tidak bisa disingkirkan begitu saja. Bangkok tetap menggunakan teknologi canggih milik negara China tersebut seperti teknologi pengaturan sinyal serta sistem teknis lainnya. Penolakan Bangkok ini tidak hanya menjadi boomerang bagi strategi insfrastruktur China, tetapi juga ambisi-ambisi membangun jaringan rel pan-Asia yang dapat menghubungkan Kunmin dengan Singapura yang dapat melintasi Laos, Thailand dan Malayasia.