Berita Terbaru, Gempa Hari Ini Getarannya Terasa sampai Bali | Tren.co.id

Berita Terbaru, Gempa Hari Ini Getarannya Terasa sampai Bali | Tren.co.id

Tren.co.id, Berita Terbaru, Gempa Hari Ini Getarannya Terasa sampai Bali – Gempa dengan kemampuan 6, 6 SR mengguncang orang-orang di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, serta Bali. BMKG melaporkan gempa Mag : 6. 6 SR, sudah berlangsung Jumat, 30 Desember 2016 jam 5. 30 WIB. Hiposenter pada koordinat 9. 37 LS, 118. 63 BT (59 km Barat Laut Sumbawa Barat Daya Propinsi NTT) dengan kedalaman 91 km.

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Info serta Humas BNPB menyebutkan, gempa tak punya potensi tsunami. Sumber gempa datang dari subduksi pertemuan lempang Hindia Australia serta Eurasia.

“Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. Gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram hingga Bali,” kata Sutopo melalui pesan pendek yang diterima PR.

Sutopo melaporkan intensitas serta lama gempa dirasa cukup kuat di Sumba Barat Daya sepanjang ± 5 detik. Msyarakat pernah cemas, belum ada laporan efek.

Gempa juga dirasa cukup kuat di Sumba Barat selama± 5 detik, belum ada laporan efek. Dirasa cukup kuat di Sumbawa Barat sepanjang ± 3 detik. Dirasa tengah di Kota Mataram sepanjang ±5 detik. Dirasa di Kabupaten Dompu sepanjang 5 detik, orang-orang cemas.

“Dirasakan sedang di sebagian besar wilayah Bali selama sekitar 5 detik. Masyarakat ke luar rumah. Aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pasca banjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan ke luar bangunan dan rumah. Pasien dikeluarkan dari bangunan,” ujar Sutopo

Berdasar pada analisa BMKG dari peta gempa dirasa di Kuta Bali II SIG-BMKG (3 MMI), Gianyar II SIG-BMKG (3 MMI), Mataram II SIG-BMKG (3 MMI). Artinya intensitasnya enteng sampai tengah. Dengan keadaan seperti ini bangunan masihlah kuat menahan gempa. Jikapun ada rusaknya tak rusak berat. Biasanya bangunan bakal rubuh serta rusak berat bila rasakan gempa dengan intensitas gempa dirasa V-VII MMI.

Sampai sekarang ini belum ada laporan korban jiwa serta rusaknya bangunan. BPBD masihlah selalu lakukan pemantauan. Informasi canggih bakal di sampaikan selekasnya bila ada laporan dari lapangan.

Orang-orang diimbau selalu untuk siaga. Tanggapan paling baik waktu rasakan gempa yaitu keluar tempat tinggal atau bangunan secepat-cepatnya serta berkumpul ditempat yang aman.