Berita Terbaru Hari Ini: Google Mau Diblokir? Indonesia Bisa Seperti China | Tren.co.id

Berita Terbaru Hari Ini: Google Mau Diblokir? Indonesia Bisa Seperti China | Tren.co.id

Tren.co.id, Berita Terbaru Hari Ini: Google Mau Diblokir? Indonesia Bisa Seperti China –  Chairman lembaga penelitian keamanan cyber Communication and Information Sistem Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menyampaikan, di banyak negara terlebih Eropa, Google juga dihadapkan pada permasalahan pajak.

Dia menerangkan, pemerintah Italia serta Inggris juga mengusahakan pembayaran pajak yang layak. Google banyak mencapai untung dari iklan serta trafik internet yang tinggi, hingga turut menambah nilai perusahaan.

Menurut data dari Forbes, Google ada di peringkat dua sebagai perusahaan paling bernilai th. 2016 dengan nilai merk meraih USD 82, 5 miliar serta jumlah pendapatan meraih USD 68, 5 miliar. Peringkat pertama masihlah diduduki oleh Apple.

“Dengan permasalahan pajak Google serta raksasa lain seperti Facebook, pasti pemerintah sudah mengetahui apa langkah strategis ke depan, ” tuturnya, Senin (26/12).

Satu diantara langkahnya, lanjut Pratama, yaitu bangun service internet buatan lokal. ” Ada e-mail, sosial media, service video, instant messaging, cloud serta ada banyak lagi, ” terang bekas petinggi Instansi Sandi Negara ini.

Pratama memberikan bangun service internet lokal sesungguhnya tak serumit seperti bangun industri yang lain. Yang paling utama yaitu keberpihakan pemerintah dalam soal support regulasi serta modal.

Hingga orang-orang dengan cara bertahap dapat kurangi ketergantunan bakal service asing seperti Google. ” Indonesia dapat mengikuti langkah China yang memblokir Google, ” tegasnya.

Tetapi harus juga lihat, keberanian itu dikerjakan lantaran China telah mempersiapkan service sama seperti Weibo, QQ serta Baidu. ” Indonesia jelas bisa, terlebih dipantik dengan sentimen nasionalisme serta support service yang ramah pengguna lokal, saya meyakini sukses, ” tuturnya.

Pratama mengharapkan dengan keadaan orang-orang Indonesia banyak yang menggunakan service internet lokal, pemerintah dapat melakukan tindakan tegas pada pelanggaran pajak sama Google sekarang ini.