Cara Ini Bisa Menjadi Solusi Jitu Singkirkan Dahak | Tren.co.id

Cara Ini Bisa Menjadi Solusi Jitu Singkirkan Dahak | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Kadang kadang tenggorokan kita dipenuhi oleh lendir atau dahak. Membuang dahak dapat menjadi hal yang menjengkelkan, pasalnya sudah berkali-kali batuk, namun dahak tetap saja sulit dikeluarkan.

Dahak itu terdiri dari air, garam dan antibody. Di tubuh kita memproduksi dahak agar menangkap dan juga mengeluarkan bakteri dan juga mikroorganisme lainnya dari hidung dan tenggorokan.

Munculnya dahak tidak hanya ketika kita sakit, tetapi juga saat tubuh lagi fit. Mengapa? Karena tubuh secara alami memproduksi dahak setiap harinya.

Seorang dokter dari University of Kentucky College of Medicine di bidang alergi dan bedah sinus mengatakan bahwa tanpa adanya dahak, kuman dan iritan di udara dengan mudahnya masuk ke paru melalui saluran napas.

Saat kita tengah sakit atau menderita alergi, pada tubuh kita akan meningkatkan produksi dahak untuk menangkap kuman-kuman yang terhirup. Walau terkesan jorok, namun tak ada salahnya bila kita menelan dahak. Malah mungkin hal itu diperlukan karena bila dahak tertelan, maka kuman yang ada asam lambung dan system pencernaan akan tersingkirkan.

Alternatif lain untuk menyingkirkan dahak, tentu saja dengan membuangnya dengan meludahkan dahak itu.

Perlu diperhatikan warna dari lendir di tenggorokan. Jika dahak anda itu berwarna kuning atau hijau, maka dimungkinkan and terkena infeksi virus. Warna itu muncul oleh enzim yang diproduksi oleh sel darah putih yang menyerang infeksi.

Namun, bila dahak anda kental dan hal itu bertahan selama satu minggu, maka mungkin infeksi virus berkembang menjadi infeksi bakteri. Segera periksakan diri anda ke dokter.

Sementara dahak anda yang berwarna bening, maka dimungkinkan anda mempunyai alergi yang membuat membrane mucus memproduksi hitamin sehingga munculnya dahak. Konsumsilah obat antihistamin agar dapat menghentikan produksi lendir yang berlebihan.

Lalu bagaimana jika dahak kita berwarna merah? Hal itu disebabkan oleh udara yang kering. Segera atasi dengan melembabkan saluran napas dengan memakai semprotan hidung. Bila hal ini terjadi, maka mungkin anda adalah seorang perokok atau peminum alkoho. Periksakan diri anda ke dokter karena dimungkinkan kanker.