Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Wajah

Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Wajah

Biang keringat atau dalam bahasa medisnya disebut dengan “Miliaria” adalah bintik-bintik merah dengan ukuran kecil yang timbul di badan bagian manapun serta menyebabkan rasa menyengat pada kulit Biang keringat tidak hanya menimpa balita saja, melainkan juga orang dewasa.

Penyebab biang keringat bisa bermacam-macam, namun yang pasti, biang keringat adalah ruam akibat tersumbatnya kelenjar saluran keringat oleh berbagai hal. Seperti, kosmetik yang terlalu tebal, pakaian yang terlalu ketat, suhu tubuh, dan lain sebagainya.

Proses keluarnya keringat yang tertahan karena penyumbatan kelenjar tersebut, dapat menyebabkan kulit berbintik-bintik. Biasanya berwarna merah dan muncul di bagian dada, leher, punggung, maupun dahi. Faktor lain yang dapat menyebabkan biang keringat adalah suhu tubuh yang panas dan cuaca yang lembab. Kita yang tinggal didaerah beriklim tropis biasanya akan menemukan cuaca dan udara tersebut. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat untuk mendinginkan badan. Akan tetapi, udara yang lembab menyebabkan pori-pori tertutup. Sehingga, terjadi penyumbatan saluran keringat.

Nah… jika kebetulan biang keringat ini menempel pada wajah anda, tentu hal ini akan membuat anda merasa tidak nyaman dan berkurangnya kepercayaan diri. Anda tentu malu jika harus tampil di depan umum dengan banyaknya tonjolan kecil yang membuat kulit wajah menjadi terlihat kasar. Menutupinya dengan menggunakan bedak saja bukanlah solusi terbaik. Karena, biang keringat sering terasa gatal. Sehingga, kita harus mencari cara yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara yang sering digunakan untuk mengatasi biang keringat pada wajah.

  • Dengan memanfaatkan tepung jagung

Jagung yang sudah digiling menjadi tepung dapat dijadikan obat biang keringat alami. Caranya cukup mudah, 1. Siapkan tepung jagung secukupnya, lalu 2. Campur dengan air bersih 3. Aduk hingga berubah menjadi pasta, lalu 4. Oleskan pada bagian yang terdapat biang keringat 5. Diamkan kira-kira 1 jam, kemudian

6. Bersihkan dengan air.

Selain bubuk jagung, anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan biang keringat.
Cara memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk menghilangkan biang keringat adalah

  1. Ambil 1 (satu) ruas lidah buaya, kemudian
  2. Kupas atau belah untuk mengambil Gel-nya
  3. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit wajah yang terdapat biang keringat

Dengan cara ini biang keringat akan segera menghilang dari wajah anda. Jangan lupa untuk mengoleskannya pada pagi dan sore hari secara rutin.

Bedak beras atau biasa disebut bedak dingin dapat dimanfaatkan untuk meredakan biang keringat di wajah. Cara menggunakannya tentu saja sama seperti cara menggunakan bedak dingin pada umumnya, yaitu dengan cara, 1. Menghancurkan bedak beras dengan air, lalu 2. Oleskan pada wajah atau pada tempat yang terdapat biang keringat.

Lakukan secara rutin setiap hari hingga biang keringat menghilang.

Selain menggunakan bahan alami anda juga dapat membeli obat atau cream biang keringat yang mengandung bahan hydrocortisone di apotik-apotik terdekat. Kandungan hydrocortisone dipercaya dapat membantu menghilangkan biang keringat secara cepat.
Agar biang keringat tidak kembali lagi perhatikan faktor lingkungan serta kebersihan kulit anda. Jangan gunakan pakaian yang terlalu tebal pada siang hari agar kulit tetap bisa bernafas.

Kecantikan, Kesehatan, tips, Wanita