Ciri-ciri Pasien Tuberkulosis Sembuh Total

Ciri-ciri Pasien Tuberkulosis Sembuh Total

Tren.Co.Id – Harapan sembuh bagi para pasien pengidap tuberkulosis sangatlah besar apabila dirinya tidak putus asa dalam menjalani suatu pengobatan. Lantas, apakah ciri-cirinya jika memang mereka bisa sembuh total?

Telah dijelaskan oleh dr HM Subuh, MPPM yang seorang Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jika pasien yang mengidap tuberkulosis, lebih dari sekitar 99% mampu sembuh apabila dirinya rutin mengonsumsi obatnya setiap hari. Sebagai meyakinkannya, dokter akan melakukan suatu tes laboratorium agar bisa mengetahui kondisi kuman yang menjadi penyebab penyakit menular tersebut.

“Ciri-ciri sembuh totalnya bisa dengan memeriksakan darah di dalam laboratorium. Jika kumanyya telah negatif, pasien bisa dinyatakan sembuh total.” ujarnya.

dr HM Subuh, MPPM juga menambahkan lembali apabila pasien tuberkulosis muncul berbagai gejala hanya simptomatik. Hal ini terjadi disebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi pada sistem paru-paru yang telah mengeras dan telah luka, di mana hal tersebut bisa kambuh kembali.

“Maka dari itu, bagi pasien tuberkulosis tidak boleh putus asa dalam menjalani pengobatan selama 6 bulan. Biasanya, apabila 6 bulan dijalani secara sungguh-sungguh, kuman akan mati serta sembuh total. Akan tetapi, jika pasien tidak rutin berobat, maka akan ditambah 3 bulan lagi sehingga mereka bisa benar-benar sembuh.”