Cuplikan Buku Terbaru "Semesta setelah dunia" Ade Hashman

Cuplikan Buku Terbaru "Semesta setelah dunia" Ade Hashman

Kehidupan sesungguhnya meminjam dari fasilitas-fasilitas benda-benda mati.
Hidup dimunculkan dari substansi yang mati, demikian pula kelak kematian merupakan status yang diperoleh pasca kehidupan, ini merupakan sebuah hubungan timbal balik “saling melengkapi dan menyempurnakan”. Setiap detik, ribuan sel-sel baru lahir dan ribuan pula yang mengalami kematian.

Seorang astronom akan mengatakan, bahan baku komponen tubuh yang kita gunakan hari ini dulunya berasal dari partikel ledakan big bang milyaran tahun silam ketika tatasurya tengah memproses kelahirannya dialam ini. Atom dan molekul yang menyusun tubuh kita ini bisa jadi atom dan molekul yang sama yang menyusun tubuh leluhur-leluhur kita. Seorang ahli Botani dapat saja mengatakan bahwa, tumbuhan menyerap unsur hara untuk kehidupannya dari unsur-unsur yang diperoleh dari pembusukan mahkluk yang terkubur. Seorang Nutrisionist akan berkata “kita menyambung kehidupan dengan memindahkan energi kehidupan dari kematian mahkluk-mahkluk hidup yang kita konsumsi”. Seorang ahli genetika bisa mengatakan kehidupan merupakan produk estafet dari mata rantai molekul-molekul DNA yang telah berlangsung sejak ribuan tahun silam. ### Tamsil kematian sebagai sebuah metamorphosis akan senantiasa kita temukan dalam dunia ini karena kehidupan sendiri adalah sebuah siklus, daur mata rantai yang saling terhubung. Kematian merupakan konsekwensi lanjut dari kehidupan, demikian pula berlaku hal sebaliknya. Kehidupan dan kematian berada pada satu garis lurus. ilsutrasi menarik lainnya bisa kita ambil dari zat terpenting dalam kehidupan ini yang kita tak bisa hidup tanpanya yakni “Oksigen”!.

Oksigen sebagai atom terpenting buat kehidupan sebagai bahan kita bernafas ini, ternyata juga memiliki “sisi gelap lainnya”, karena dari oksigen pula proses kehancuran sebetulnya dimulai. Oksigen selain mengoksidasi nutrisi untuk metabolisme memproduksi energi, tapi dari oksigen pula muncul apa yang disebut “radikal bebas”, elemen penghancur kehidupan.

###
“Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan menghidupkan bumi sesudah matinya. Dan seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur).” (QS 30:19)

Ade Hashman