Dampak nyata dari kenaikan BBM

Dampak nyata dari kenaikan BBM

Kenaikan bahan bakar minyak atau BBM tentu sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Kenaikan bahan bakar ini menjadi kontroversi untuk sebagian orang, ada yang menentang dan ada juga yang pro dengan kenaikan ini. Tujuan pemerintah menaikan harga BBM yaitu untuk memberikan subsidi bagi keluarga yang tidak mampu.

Sebenarnya pengurangan subsidi BBM telah dibahas sejak tiga tahun yang lalu, dengan adanya suatu harapan agar dana subsidi dapat dialihkan ke sektor lain yang juga penting. Namun, adanya isu politik, kepentingan suatu usaha dan akan adanya tekanan pollitik, membuak ide ini terbilang sangat sulit untuk direalisasikan.

Beberapa Dampak Nyata Dari Kenaikan BBM

Naiknya inflasi

Salah satu masalah terbesar akan kenaikan BBM yaitu, akan terjadinya penghambatan pertumbuhan ekonomi, disebabkan karena kenaikan harga barang dan jasa yang akan terjadi diakibatkan komponen biaya yang lain juga akan ikut naik.

Inflasi tentu tidak dapat dihindari karena pada nyatanya BBM merupakan unsur vital dalam suatu produksi dan distribusi barang. Tapi, nyatanya kenaikan harga BBM ini tidak dapat dihindari karena beban subsidi membuat negara sulit untuk mendorong tumbuhnya ekonomi.

Ongkos mengalami penaikan tarif

Selain BBM ada beberapa faktor lain yang mengakibatkan inflasi menjadi menigkat, seperti harga makan-minuman serta tarif transportasi yang akan meningkat 5-10%, karena adanya kenaikan bahan bakar minyak merupakan elemen terbesar dalam komponen ongkos produksi dan distribusi di dalam negara. Beberapa tahun terakhir dunia industri sudah tidak akan lagi menikmati subsidi dari BBM, tapi naiknya harga minyak dunia juga menjadi salah satu pendongkrak naiknya ongkos produksi.

Selain itu dari sektor transportasi yang tentunya akan menaikkan tarif saat kenaikan harga BBM terjadi. Kenaikan tarif ini mencapai 10-20% dari tarif semula. Tapi, dari pihak transportasi sendiri menganggap bahwa kenaikan tersebut masih tergolong murah, bagaimana mereka akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpangnya. Tapi, pihak pemerintah telah menyepakati bahwa kenaikan tarif transportasi mencapai 10-20%.

Subsidi sejati

Dampak nyata dari Kenaikan BBM selanjutnya yaitu kenaikan harga sembako dan bahan pangan lainnya, yang tentunya akan sangat mempersulit masyarakat miskin ataupun nyaris miskin. Jangankan setelah resminta kenaikan harga BBM, sebelum resmi pun sebagian masyarakat telah menaikkan harga jual sembako dan bahan pangan lainnya.