Dampingi Anak Selesaikan Tugas, Guna Kembangkan Prestasinya | Tren.co.id

Dampingi Anak Selesaikan Tugas, Guna Kembangkan Prestasinya | Tren.co.id

Tren.co.id – Berbagai factor bisa dijadikan bahan pembelajaran orang tua menentukan pendidikan yang berkualitas dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat putra putrinya berdasarkan karakteristik dan daya kembang anak-anak.

Di Talkshow Pendidikan Think Beyond The School, Sampoerna School System L’avenue Steam Cave Steam Cave Jakarta belum lama, psikologi Ratih Ibrahim menyebutkan, keterlibatan orang tua tak cuma sekedar pemilihan sekolah untuk anak , namun juga terlibat dalam mengawasi anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolahnya.

“Dengan seperti itu, kita sebagai orang tua bisa paham pada potensi dan minat anak. Bukan hanya itu, ketelibatan orang tua dalam menemani anak mengerjakan tugas sekolah penting untuk mengetahui ketidak-tertarikan mereka pada sebuah pelajaran,”

Lebih lanjut dijelaskan juga orang tua tak hanya memiliki peran dalam membantu secara teknis, tapi juga pemandu bakat anak. Keberadaan orang tua sebagai teman ketika anak menyelesaikan tugas sekolah menjadi sangat membantu dalam hal membangun mental anak.

Publikasi penelitian di Turnerdan Schwarts tahun 2006 menyebutkan bahwa, siswa SD jadi mengalami kemajuan performa akademis, ketika orang tua terlibat di kegiatan akademis. Kegiatan seperti ini dilakukan menemani mereka dalam mengerjakan sekolah.

“Penting untuk diketahui, pendampingan ini mesti diiringi juga dengan komunikasi yang baik diantara orang tua dan pihak sekolah. Sebab, mendampingi anak dalam meyelesaikan tugas tanpa paham pada metode pembelajaran di sekolah akan berkemungkinan membuat anda jadi frustasi atas ketidakselarasan informasi yangdiserap anak,” tutup Ratih.

Jadi, bunda dari sekarang dampingilah selalu anak dalam menyelesaikan tugas sekolah demi perkembangan akademisnya.