Denda Rp.650 Juta Bagi Orangtua Mengunggah Foto Anak Dibawah Umur | Tren.co.id

Denda Rp.650 Juta Bagi Orangtua Mengunggah Foto Anak Dibawah Umur | Tren.co.id

Tren.Co.id – Di Negara Perancis, para orangtua sangat takut dengan adanya peraturan mengunggah foto-foto anak yang di bawah umur ke media sosial.

Seperti diberitakan oleh berita lokal, bahwa para aparat penegak hukum di negara tersebut telah membuat peringatan kepada para orang tua. Para penegak hukum berdalih, bahwa mengunggah foto anak-anak di media sosial adalah sebuah bentuk pelanggaran kepada anak tersebut, yaitu masalah privasi si anak, dan sekaligus menempatkan anak-anak dalam kondisi yang berisiko dari kejahatan yang suatu saat menimpanya.

Salah satu resikonya adalah dari incaran para paedopil, karena telah terjadi kasus bahwa foto-foto anak dari Facebook terkadang muncul di situs-situs paedofil. Rasa malu akan dirasakan oleh anak-anak tesebut dan bisa menjadi legitimasi untuk mengajukan orang tua mereka ke muka pengadilan. Dan peraturan hukum di Perancis, bisa menyeret para orang tua bila ternyata kepergok megunggah foto anaknya dan bisa dikenakan denda sekitar Rp.650.000.000,-

Dan dikhawatirkan di masa mendatang, bahwa anak-anak dengan mudah membawa orang tuanya ke muka pengadilan karena mempublikasikan secara sengaja foto mereka ketika masih kecil.

Kebijakan hukum denda dari Perancis ini mengadopsi dari negara Jerman. Di negara Jerman, kampanye mengenai privasi anak sangat gencar dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyantumkan peringatan di media sosial seperti Facebook para orang tua. Dari beberapa kasus di negara bersangkutan, sejumlah orang tua pun dipaksa untuk menghapus foto-foto bayi dan anak kecil tanpa pakaian dari media sosial. Di negara Jermanpun seperti itu, bagaimanakah di negara Indonesia ?