Drone Google 5G Sebentar Lagi Akan Diluncurkan

Drone Google 5G Sebentar Lagi Akan Diluncurkan

Drone Google 5G Sebentar Lagi Akan Diluncurkan

Tren.co.id Selangkah lagi Google akan menguji cobakan sebuah perangkat yaitu pesawat tanpa awak (drone) yang disuplai dengan tenaga matahari. Rencananya drone tersebut akan diterbangkan di Spaceport Amerika yaitu sebuah perusahaan luar angka yang pernah dimilik oleh pusat penerbangan Virgin Galactic yang terletak di kawasan elit New Mexico Amerika Serikat.

Proyek yang diberinama SkyBender ini kabarnya sebuah raksaksa internet yang programnya untuk mencari cara agar internet super cepat yaitu 5G dapat mengudara dengan sempurna. Tes uji pertama kali di kota Truth of Consequences yang memanfaatkan transmisi gelombang radio yang dinamakan millimeter yang dipasangkan pada drone tersebut.

Teknologi milimter ini dikenal sebagai infrastruktur yang didukung oleh perangkat koneksi internet nirkabel generasi berikutnya setelah 4G yaitu 5G. Konsepnya bahwa teknologi millimeter menggunakan gelombang millimeter yang dapat mentranfer jumlah gigabit data perdetik lebih besar mencapai 40 kali kecepatan 4G LTE sekarang ini. Pada gelombang millimeter menggunakan pita yang lebih pendek dibandingkan 4G LTE dan sangat mudah terpengaruhi oleh cuaca seperti hujan, salju dank abut.

Pihak Google sangat serius pada proyek ini, raksaksa internet tersebut mengeluarkan dana sekitar 4.2 miliar yang dibayarkan kepada Spaceport America untuk mengembangkan instalasi seperti transceiver, server, gelombang millimeter dan sebagainya. SkyBender adalah tim dari Google Access yang fokus pada pengembangan dan eksperimen koneksi internet dunia berkecepatan tinggi yang diedarkan dari udara. Adapun proyek dari Google Access yang cukup terkenal adalah balon udara Project Loon

  • TAG
  • Drone Google 5G LTE
  • Google Access

BERBAGI

Masarif