Duta Besar India Memasang Target Besar di Indonesia

Duta Besar India Memasang Target Besar di Indonesia

Duta Besar India Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya.

Kedutaan India di Jakarta memiliki pimpinan yang baru. Untuk beberapa tahun ke depannya perwakilan terbesar di Asia Selatan itu akan dipimpin oleh Duta Besar Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya.

Pada tugas barunya itu, Nengcha memasang targe yang besar, ia ingin India-Indonesia dapat saling melengkapi bersama.

Nengcha mengatakan bahwa hal tersebut dapat terwujud dengan adanya kerja sama dari beberapa sektor yang sudah dilakukan pada kedua Negara. Salah satunya menguatkan hubungan pada bidang SDM, teknologi, pencegahan terorisme, iklim, ekonomi, keamanan, lingkungan dan juga kebudayaa.

Nengcha mengatakan, ia memiliki tugas untuk membangun fondasi dari semua hubungan kerja sama sektor tersebut sehingga ia butuh dukungan dari kita semua dalam menjalankan tugas itu.

Nengcha menambahkan dalam menjalankan tugas itu, terdapat factor pendorong yang dianggap ampuh dalam mewujudkan misi tersebut. Faktor pendukung tersebut yaitu tercapainya cita-citanya ketika bertugas di Indonesia.

Ia berterima kasih karena sudah diterimanya di tanah air. Sejak awal, Indonesia memang sudah masuk pada daftar Negara tempat nengcha akan ditugaskan. Ditugaskan di Indonesia sudah diinginkan Nengcha sejak ia menjadi diplomat.

Nengcha sendiri datang ke Indonesia bukan tanpa alasan, melainkan RI dan India mempunyai dasar yang kuat mengenai banyaknya kesaamaan tentang sejarah maupun budaya.

Pada kesamaan ini pula lah yang akan menjadi factor keuntungan bagi kedua belah pihak. Di masa mendatang Indonesia dan India dapat saling bertukar pikiran dan filosofi yang lebih banyak lagi.

Nengcha menegaskan, Indonesia dan India memiliki banyak sekali kesamaan, terutama pada bidang tekstil dan juga bumbu rempah.