Fakta Menarik Dari Lagu Dangdut

Fakta Menarik Dari Lagu Dangdut

Tren.co.id. Kata Dangdut berasal dari sebuah suara yang dibunyikan oleh tabla ataupun gendang dengan bunyian dang dan ndut, alhasil, jadilah sebutan dangdut. Jenis musik yang satu ini identik sekali dengan beberapa alat musik seperti gendang, jika tiada gendang, bukan musik dangdut namanya. Selain itu ada beberapa fakta menarik dari lagu dangdut sebagai musik asli Indonesia. Untuk mengusir rasa penasaran anda, langsung saja kita simak ulasannya.

Fakta Menarik Dari Lagu Dangdut

1. Musik Asli Indonesia
Ada banyak jenis musik di Indonesia, mulai dari rock, jazz, hingga pop yang umumnya disukai kebanyakan anak muda. Namun, tahukah anda bahwa semua jenis musik ini bukanlah berasal dari negara Indonesia. Musik asli milik Indonesia adalah musik dangdut yang merupakan perpaduan dari beberapa unsur musik seperti India, Melayu serta Arab yang tidak terlepas dari pengaruh pedagang Arab yang datang dengan mempublikasikan musik mereka, yaitu qasidah dan gambus.

2. Ahli Lagu Dangdut Orang Amerika
Seperti halnya Belanda yang memiliki pusat bahasa Jawa, musik dangdutpun demikian. Meskipun berasal dari Indonesia dan milik Indonesia asli, ahli musik ini adalah orang asal Amerika yang telah melakukan penelitian sejak tahun 1984, diadalah Prof. Andrew Weintraub.

3. Dianggap Lagu Anak Desa
Fakta menarik dari lagu dangdut ialah citranya yang sering dikatakan sebagai lagu orang kampungan. Entah bagaimana awal mulanya musik dan lagu dangdut di Indonesia selalu identik dengan masyarakat pedesaan, katrok, dan tidak ngepop. Bagi kebanyakan orang, ada dua alasan terbesar, yaitu kebiasaan pemutaran lagu dangdut pada banyak warung kopi pada umumnya yang memang pelanggannya kebanyakan orang pedesaan dan konser dangdut yang umumnya sering diadakan sebagai hiburan bagi orang desa. Jarang sekali terdengar ada konser dangdut di hotel dan sebagainya. Sampai saat ini, jenis musik dan lagu dangdut masih dikatakan musik anak desa, belum dikatakan musik seluruh orang Indonesia.

4. Sudah Jarang Terdengar Aslinya
Dahulu, lagu dangdut memang mempunyai daya pikat yang sangatlah dahsyat, lagu-lagu yang enak didengar, mengena ke hati, dan bisa dinikmati banyak orang. Tapi saat ini sudah jarang sekali ditemukan lagu dangdut yang asli yang baru diciptakan. Salah satu lagu dangdut terbaru yang sempat menggebrak ialah lagu Alamat Palsu dari Ayu Ting Ting. Selain itu hanyalah syair jenis lagu pop yang bermusik dangdut lengkap dengan goyangannya yang seronok. Sekarang ini, jenis lagu dangdut seperti itulah yang dikenal kebanyakan masyarakat, bukan irama yang indah seperti dahulu.

5. Hanya 1 Ikon
Selain Rhoma Irama yang melegendaris, Indonesia tidak mempunyai lagi seorang ikon dangdut. Jika ingin mendengarkan lagu dangdut yang orisinil, maka dengarlah lagu dangdut hasil ciptaan beliau. Gendangnya, serulingnya, gitarnya, lengkap. Selain ciptaan Bang Haji, lagu dangdut mana yang bisa dikenang begitu lamanya? Lagu dangdut Syahdu, Bujangan, Judi, dan lain-lain, penyanyi Allya Khadam, A. Rafiq dan lain-lain, tetapi sekarang ini mereka hanyalah tinggal kenangan saja.

Itulah beberapa fakta menarik dari lagu dangdut, semoga saja anak muda dewasa ini mau dan mampu ikut memajukan musik asli Indonesia ini dalam industri musik Indonesia.