Faktor Penyebab Penyakit Diare pada Anak

Faktor Penyebab Penyakit Diare pada Anak

12/12/14 5:16 PM

Bagi para bunda tentunya harus lebih mengetahui apakah sang buah hatinya terkena diare atau tidak? Sebelum bunda ingin mengetahui faktor penyebab penyakit diare pada anak sebaiknya bunda mengetahui terlebih dulu tanda-tanda terkena penyakit diare, hal ini untuk kewaspadaan diri supaya jika anak dirasa sudah positif terkena diare untuk segera mendapatkan penanganan terlebih dulu.

Diare yang rentan sekali menghampiri para anak, yang dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada anak masih kurang kuat untuk menahan diri dari serangan berbagai penyakit yang sewaktu-waktu bisa menghampirinya. Penyakit diare bisanya terjadi pada anak Anda biasanya ditandai dengan anak mengeluarkan kotoran yang cair saat buang air besar, atau jika kotoran tersebut tidak cair maka sang buah hati biasanya juga mengeluarkan kotoran yang lebih keras, sehingga terkadang dapat mengeluarkan sedikit darah saat buang air besar. Jika hal ini terjadi segera priksakan anak Anda kedokter terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan.

Lantas apa yang menjadi penyebab umum datangnya penyakit diare pada anak bunda? Berikut ini informasi singkat tentang faktor penyebab penyakit diare pada anak, yaitu :

  1. Faktor penyebab terkena penyakit diare biasanya terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri jahat. Hal ini yang akan menyebabkan penderita diare akan mengalami muntah-muntah, demam, dan terkadang juga dapat ditemukan darah saat anak buang air besar.
  2. Faktor lainnya adalah karena terinfeksi oleh virus Rotavirus.
  3. Serta ada juga faktor penyebab penyakit diare karena pemanis buatan seperti sorbitol, yang dapat menyebabkan anak Anda terkena penyakit diare tersebut.
  4. Jika anak Anda memiliki alergi ada makanan yang dapat menimbulkan permasalahan pada pencernaannya, maka sebaiknya Anda menghindari untuk memberikan makanan tersebut pada anak.
  5. Penyebab penyakit diare lainnya adalah karena Anda memberikan makanan atau pun minuman yang baru dikenalinya, sehingga membuat perut anak kaget dan terjadi diare.

Berikan pertolongan pada anak yang terkena diare secara cepat, sebab jika tidak, penyakit diare tersebut akan berakibat kronis pada anak Anda. Kekurangan cairan yang terus-menerus yang disebabkan karena penyakit diare dapat membawa anak pada kematian. Semoga dapat memberikan manfaat uraian singkat tentang faktor penyebab penyakit diare pada anak.

Bagikan di Facebook DiagnosaDiareKesehatantipsWanita