Faktor yang Buat Wajah Bulan Tampak Sama di Indonesia dan Negara Lain | Tren.co.id

Faktor yang Buat Wajah Bulan Tampak Sama di Indonesia dan Negara Lain | Tren.co.id

Tren.co.id – Periode rotasi untuk bulan tak serupa sama periode rotasi untuk bumi. Periode rotasi bumi yakni 24 jam setiap satu hari. Selain itu, periode rotasi pada bulan yakni 27.3 jam setiap satu hari. Permukaan bulan yang dipandanf oleh semua manusia yang tinggal di bumi, baik Indonesia ataupun bagian bumi pada belahan yang lain, selalu terlihat serupa. Mengapa seperti itu ?

Hal itu disebabkan permukaan bulan selalu berada pada bagian yang serupa berhadapan dengan bumi sebab rotasi pada bulan serupa dengan periode revolusi alias tenggang waktu yang diperlukan guna mengelilingi bumi.

Kenapa dua dari periode ini dapat serupa, dikarenakan oleh kejadian yang disebut tidal locking alias adanya kunci pasang atau yang lebih dikenal dengan gravitasi. Kejadian penguncian gravitasi ini merupakan fenomena yang biasa untuk system gravitasi.

Terdapat banyak juga satelit dari planet-planet yang lain yang terkunci gravitasi oleh planet yang merupakan induknya. Sedangkan untuk fenomena tidal locking terjadi lantaran terdapatnya torsi atau pemutaran yang dikasih bumi pada bulan dan bulan melakukan reaksi guna menyesuaikan dalam periode rotasi.

Hal ini dilakkan untuk mencapai keseimbangan yakni periode rotasi serupa dengan periode revolusi. Begitulah informasi seperti yang dikutip dari laman Okezone, Senin 29 Mei 2016 yang berasal dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’.