Fantastik! Bongkahan Batu yang Dibakar Pancarkan Wi-fi

Fantastik! Bongkahan Batu yang Dibakar Pancarkan Wi-fi

Fantastik! Bongkahan Batu yang Dibakar Pancarkan Wi-fi

Tren.Co.Id – Pada daerah terbuka di hutan Springhornhof yang berlokasi di museum seni ukir, Neuenkirchen, Jerman. Terdapat pecahan batu yang mencolok. Namun, anehnya bahwa pada bagian bawah yang berjelage, terlihat habis dibakar.

Pecahan batu besar yang diperkirakan seberat 1,5 ton itu sebetulnya adalah karya seni yang dinamakan “Keepalive”, yang dibuat oleh seorang seniman bernama Aram Bartholl. Batu itu benar batu sungsuhan, tetapi tak diduga bahwa pecahan itu sebetulnya dapat memancarkan wi-fi.

Sinyal wi-fi ini ditenagai oleh generator thermoelectric yaitu pengubahan energy panas menjadi tenaga listrik. Pengunjung bisa membuat api di dekat pecahan batu untuk menghidupkan router di batu. Saat menyala, batu tersebut akan mamancarkan wi-fi, pengunjung pun dapat menyambungkan ke smartphone ataupun gawai lainnya, membrowsing men-download berbagai konten tentang strategi bertahan hidup. Di mulai dari yang tak diduga sampai yang tak berguna.

Adapun laman yang diperlihatkan berjudul, “Panduan Kencan A sampai Z”, Panduan Bercerai Mandiri”, “Panduan Steampunk dalam Bercinta”, Dasar-dasar Anak Cowok 101: Strategi Bertahan Hidup Menjadi Orangtua Cowok Remaja”, dan “Bertahan Hidup di Tengah Drone”. Berbagai judul aneh tersebut akan anda temui die book illegal yang tersedia di situs berbagi di internet.

Di pembelaan seniman, berkemungkinan banyak dari buku-buku tersebut di-upload oleh pengunjung dan bukan dirinya sendiri, hal itu sejak pengunjung juga dapat berbagi berkas.

Seniman berasal dari Berlin ini pernah menciptakan proyek berbagi data secara public di tahun 2010. Proyek itu disebut ‘dead draps’, merupakan USP yang terpasang pada tembok di tempat umum dan ia memperbolehkan orang-orang meng-uploaad serta men-download apa yang mereka inginkan.

Sementara, Keepalive, ada di area yang jauh dari perkotaan sehingga pengunjung yang ingin datang harus membuat perjanjian terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko akan ada orang tidak bertanggung jawab menghidupkan api sembarangan.

Dinamakan ‘Keepalive’ yang artinya ‘tetap hidup’, dari istilah teknik yang berupa pesan untuk dikirim antar perangkat internet agar mengecek sambungan.