Beranda Female Tips, Cara Hilangkan Flek Hitam Dengan Bahan-bahan Alami

Tips, Cara Hilangkan Flek Hitam Dengan Bahan-bahan Alami

0
BAGIKAN

Tren.co.id,¬†Tips, Cara Hilangkan Flek Hitam Dengan Bahan-bahan Alami –¬†Dark spots atau flek hitam merupakan masalah kulit yang umum dialami para wanita yang mulai menua. Kondisi yang dikenal juga dengan sebutan hyperpigmentation ini terjadi ketika kulit yang terpapar matahari mengalami peningkatan produksi sel melanosit dan menyebabkan penggelapan pada kulit. Flek hitam umumnya muncul pada area tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, lengan, kaki, dan punggung. Selain akibat sinar matahari, flek hitam juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, penuaan, kurang vitamin, stres, hingga kanker. Kondisi ini sebenarnya dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen dan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Namun, untuk kamu yang terlanjur memilikinya, masih bisa melakukan perawatan menggunakan bahan alami, kok! Berikut ini adalah 5 bahan alami untuk menghilangkan flek hitam yang dapat kamu coba.

1. Rosehip Oil

Rosehip oil termasuk ke dalam salah satu bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. Minyak ini kaya akan lycopene yang dapat memperbaiki tekstur kulit dan melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, serta beta-carotene yang dapat melawan radikal bebas penyebab kulit menua dan munculnya pigmentasi pada kulit. kamu bisa menggunakan minyak ini pada area wajah yang mengalami flek hitam saja atau pada seluruh wajah. Jadikan rosehip oil sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kamu di malam hari. Dengan pemakaian rutin selama sebulan, kamu akan merasakan berkurangnya flek hitam pada kulit.

BACA JUGA  Ramuan Alami yang Akan Menghidrasi Kulit Keringmu

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk untuk menghilangkan flek hitam. Lidah buaya kaya akan healing properties dan dapat bertindak sebagai dark spot corrector alami. Kandungan polysaccharides dalam aloe vera gel dapat menstimulasi pertumbuhan sel baru yang dapat membantu mengurangi flek hitam pada kulit. Cara terbaik untuk mendapatkan khasiat dari lidah buaya adalah menggunakan langsung dari tanamannya langsung. Siapkan lidah buaya utuh, lalu buang lapisan terluarnya. Ambil gel lidah buaya menggunakan jari dan aplikasikan pada area kulit yang memiliki flek hitam. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air. Lakukan sebanyak 2 kali sehari selama sebulan.

BACA JUGA  Kentang Goreng Memang Enak Sih, Tapi Ada Bahayanya Juga Lho

3. Pepaya

Banyak yang belum tahu, pepaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan enzim papain dalam buah ini merupakan penangkal dari flek hitam karena mampu mengeksfoliasi sel kulit mati sekaligus meratakan warna kulit kamu. Tak hanya itu, enzim papain juga dapat mengurangi produksi tyrosinase, enzim yang menyebabkan produksi zat melanin secara berlebihan. Untuk menggunakannya, haluskan pepaya menggunakan blender atau garpu, lalu aplikasikan pepaya halus pada area kulit yang mengalami flek hitam selama 20 menit. Bilas hingga bersih menggunakan air. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu. Sebelum menggunakan pepaya pada seluruh kulit, jangan lupa untuk melakukan patch test khususnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

4. Castor Oil

Castor oil kaya akan omega-3 dan vitamin E yang berkhasiat untuk kulit. Kandungan vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru, sehingga akan membantu untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Tak hanya menghilangkan, castor oil juga dapat mencegah flek hitam untuk datang kembali. kamu bisa menggunakan castor oil langsung pada area kulit yang mengalami flek hitam. Biarkan hingga menyerap selama 1 jam, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan setiap hari secara rutin di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Jika pada area yang mengalami flek hitam sedang tumbuh jerawat, hentikan dahulu pengaplikasian castor oil pada area ini.

BACA JUGA  Berikut Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Anda

5. Kentang

Selain lezat untuk disantap, kentang juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam, lho! Kentang memiliki kandungan pemutih alami yang dapat menyamarkan flek hitam, bekas jerawat, dan blemish. Selain itu, kandungan pati pada kentang juga dapat mengurangi pigmentasi dan meningkatkan kesehatan kulit. Cara untuk mendapatkan khasiat dari kentang sangatlah mudah. Cukup iris kentang tipis-tipis, lalu basahkan irisan tersebut menggunakan air. Letakkan irisan kentang pada area yang mengalami flek hitam selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersuhu normal. Lakukan perawatan ini setiap hari. kamu juga bisa membuat masker yang terbuat dari campuran kentang parut dan madu.