Gerhana Matahari Total Jadikan Promosi Wisata Indonesia

Gerhana Matahari Total Jadikan Promosi Wisata Indonesia

Gerhana Matahari Total Jadikan Promosi Wisata Indonesia

Tren.Co.Id – Gerhana matahari matahari total adalah fenomenal alam yang langka terjadi, namun kali ini diprediksi pada 9 Maret mendatang akan terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Pariwisata memanfaatkan momen tersebut dengan menggelar berbagai lomba tentu dengan hadiah jutaan rupiah.

Dalam jumpa pers, Selasa (16/2/2016) di Ball Room Santika Hotel Hayam Wuruk, Jakarta, Putu Ngurah yang merupakan asisten Deputi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara mengatakan akan menggelar lomba sebagai upaya promosi wisata Indonesia seperti lomba menulis, fotografi, dan videografi. Hal tersebut memiliki tujuan untuk memancing untuk mempromosikan wisata di Indonesia. Pada Gerhana matahari total ini juga digunakan sebagai gimmick dalam menarik wisatawan lokal maupun luar negeri untuk mengunjungi wilayah Indonesia.

Putu menjelaskan, dalam lomba yang akan digelar dibuka untuk umum. Bukan hanya gerhana matahari saja yang akan dipertontonkan tetapi juga pesona alam, budaya, dan tentunya kuliner dari berbagai wilayah tersebut.

Barry Kusuma yang akan menjadi juri fotografi mengucapkan, karya-karya yang akan dikumpulkan dalam acara lomba tersebut harus terjaga hak ciptanya. Tetapi pihak Kementar punya hak guna atas karya yang diperlombakan untuk kepentingan konten media.

Pesona Gerhana Matahari Total yang diprediksi melalui 11 titik di wilayah Indonesia ini seperti Bangka, Belitung, Palangkaraya, Palembang, Balikpapan, Sampit, Poso, Luwuk, Palu, Halmahera, dan terakhir Ternate. Sementara yang akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian di wilayah Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Padang, Bandung, Denpasar, Makassar, Pontianak, Banjarmasin, Kupang, Ambon, dan Ambon.