Google Loon, Solusi Komunikasi yang Bijak bagi Indonesia

Google Loon, Solusi Komunikasi yang Bijak bagi Indonesia

Tren.co.id – Proyek balon Google yang rencananya ini akan menyambangi wilayah Indonesia pada bagian timur terlebih dahulu. Proyek tersebut memungkinkan bagi balon Google untuk melayang di atas langit Indonesia serta bisa memberikan akses yang bagus bagi internet yang ada di wilayah terpencil.

“Hal ini menjadi pilihan teknologi yang terbilang murah, yang akan mengisi kendala yang selama ini menjadi permasalahan di dalam sistem komunikasi Indonesia.” ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli saat di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Maritim dan Sumber Daya telah menerima kunjungan dari manajemen Google di gedung BPPT, Jakarta. Walaupun hal tersebut masih memiliki sifat ujicoba, pertemuan tersebut memastikan jika Google Loon akan membuat akses internet bagi mereka yang tengah berada di pulau-pulau terpencil, atau lokasi yang sebelumnya memang susah dijangkau oleh akses internet.

Kunjungan dari Google kali ini merupakan follow up atas kunjungan presiden Joko Widodo ke kantor pusat Google yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu. Ujicoba dari Google Loon di Indonesia ini rencananya akan di uji coba selama 1 tahun lamanya.

Rizal Ramli mengatakan jika Google meminta ujicoba selama 1 tahun, nanti, setelah 1 tahun tersebut selesai, maka akan didiskusikan bersama dengan operator-operator dalam dimensi komersial.

Google, Google Loon, indonesia, komunikasi