Google peringati Fetival Holi

Google peringati Fetival Holi

03/26/16 7:14 AM

Tren.co.id – Logo “Google” tampil dengan tampilan polos dengan warna cokelat muda. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, dikarenakan logo google yang kerap disebut dengan sebutan doodle itu tiba-tiba saja seperti ditimpuki berbagai serbuk warna-warni dalam sebuah animasi sehingga membuatnya terlihat seperti berserakan.

Raksasa Internet itu ternyata tengah memperingati sebuah festival Holi melalui animasi itu. Holi adalah tradisi musim semi yang selalu dirayakan di India dan juga Nepal.

Perayaan Holi ini sendiri juga berjalan selama 2 hari, yang dimulai dari hari Purnima (bulan purnama) yang ada di bulan falgun dalam kalender Bikram Sambat Hindu, atau juga dikatakan sekitar akhir februari sampai maret dalam kalender masehi.

Juga pada saat mala hari sebelum perayaan di mulai, warga telah berkumpul dan telah berpesta terlebih dahulu. Pada keesokan harinya, mereka yang akan ikut serta dalam Rangwali Holi. Para peserta yang telah terlibat dalam sebuah kegiatan permainan masal, mereka akan saling berusaha memeberi warna semua orang dengan melemparkan serbuk berwarna ataupun dengan menggunakan cat air.

Banyak aneka mainan juga dapat digunakan dalam acara besar yang diselangi dengan canda juga tawa itu, dimulai dari balon yang berisikan cat air hingga pistol air juga ada. Setiap orang memiliki bagian untuk dilempari dengan serbuk tepung aneka warna itu, tak perduli tua, muda, tetangga, atau siapapun itu.

Dan pada akhirnya semua orang pun berpenampilan belepotan, sama seperti Doodle. Oleh karena itu Holi ikut dikenal sebagai festival warna.

Dapat diketahui pula perayaan Holi juga mengandung makna filosofis, yaitu menangnya sebuah kebaikan atas adanya keburukan. Perayaan ini juga ikut dimanfaatkan sebagai salah satu ajang saling bertemu, saling maaf memaafkan, dan yang tak lain dan tak bukan sebagai ajang untuk bersenag-senang.

Bagikan di Facebook Doodle Google