Harga Minyak Dunia Naik, Berdampak Positif Bagi Bursa Saham Asia | Tren.co.id

Harga Minyak Dunia Naik, Berdampak Positif Bagi Bursa Saham Asia | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Pada Kamis (18/2/2016) bursa saham Asia dibuka naik di perdagangan. Naiknya harga saham merupakan imbasnya dari harga minyak dunia yang mulai merangkak, hal itu memberikan harapan yang baik bagi produsen besar.

Minyak mentah masih memiliki pengaruh besar di pasar. Harga minyak menjadi naik sebesar 3 persen di perdagangan Asia pada sesi awalnya yang pada sebelumnya juga naik 7 persen. Negara Iran menyatakan ikut mendukung langkah Rusia dan juga Arab Saudi dalam membekukan produksi terkait melimpahnya pasokan dunia yang selama ini harganya ditekan.

Harga minyak dunia melompat US$1,06 ketika bursa Asia dibuka, kemudian naik 57 sen pada level US$ 31,23 persen.

Seperti yang dilansir dari The Star, Direktur FX Strategy BK sset Management, Kathy Lien mengatakan, ada hal membingungkan mengenai ‘apakah dukungan sama dengan tindakan’. Produsen terbesar keempat di dunia menerima kerja sama dan hal itu membuat pedagang minyak menjadi lega.

Saham Asia Pasifik dari Indeks MSCI di luar Jepang naik 0,6 persen, selama tiga minggu menarik diri lebih jauh dari level rendah.

Saham di Korea Selatan KOSPI naik 1,3 persen dan Australia naik 1,6 persen.

Nikkei Jepang naik 1,9 persen, mengangkat bahu mengenai penurunan lebih besar dari perkiraan ekspor dan juga impor di bulan Januari.

Sementara sentimen juga didukung oleh kenaikan di Wll Street, yang mana saham AS jadi menguat pada tiga hari terturut-turut yakni sebagai loncatnya harga minyak yang mendorong saham enerti. Pada S & P 500 naik 1,7, sedangkan Dow naik 1,6 persen.

Pada (17/2/2016) saham juga reli di Eropa, yang membuat pan-Eropa FTSEurofirst 300 jadi naik 2,7 persen.