Hat-hati, Virus Trojan Sekarang Menyebar Luas di Android melalui Game!

Hat-hati, Virus Trojan Sekarang Menyebar Luas di Android melalui Game!

Image by : Okezone.com

Tren.co.id – Para ahli dari Kaspersky Lab mendeteksi adanya Triada, Trojan baru yang menargetkan kepada perangkat Android. Trojan ini secara kompleksitas sebanding dengan malware berbasis sistem operasi Windows.

Melalui siaran pers yang diterima oleh Okezone, Jumat lalu (4/3/2016), trojan ini beroperasi dengan cara diam-diam, modular, gigih, serta dibuat oleh penjahat cyber yang begitu professional.

Perangkat yang paling berisiko terinfeksi akan Trojan ini adalah Android yang menggunakan OS 4.4.4 dan versi yang sebelumnya.

Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari Kaspersky Lab tentang Mobile Virusology baru-baru ini, hampir setengah dari 20 trojan teratas pada tahun 2015 merupakan program jahat yang memiliki kemampuan guna mendapatkan hak akses super-user.

Hak akses super-user inilah yang memberikan penjahat cyber suatu keleluasaan untuk menginstall segala macam aplikasi yang ada di perangkat tanpa adanya sepengetahuan dari pengguna.

Malware dari jenis ini menyebar melalui aplikasi yang pengguna install dari sumber yang tidak terpercaya. Aplikasi ini kadang bisa ditemukan pada toko aplikasi resmi, Google Play, yang menyamar sebagai aplikasi hiburan atau aplikasi permainan.

Trojan juga bisa terinstall saat proses update dari aplikasi populer yang ada pada perangkat serta kadang-kadang pada saat pra-install di perangkat mobile.

Ada 11 jenis trojan mobile yang telah diketahui menggunakan hak akses super-user. 3 dari mereka adalah Ztorg, Gorpo serta Leech yang saling bekerja sama satu sama lainnya.