Hebat, Semua Awak Pesawat Brunei Adalah Wanita

Hebat, Semua Awak Pesawat Brunei Adalah Wanita

Tren.co.id – Siapa yang bilang wanit lemah dan bisa mendapatkan posisi setingkat pria ? Hal seperti ini bukan hal yang patut untuk dibicarakan. Karena satu hal berbeda ditunjukkan oleh awak pesawat Brunei berikut. Sebuah maskapai penerbangan di Brunei, Royal Brunei memperkerjakan wanita yang semuannya sebagai awak pesawat. Pada Februari lalu Royal Brunei mendarat dengan mulus di Arab Saudi, Negara yang melarang wanita memilki SIM dan mengendarai mobil.

Pesawat komersial boeing 787 mengundang perhatian dari banyak kalangan karena berani menrbangkan pesawat denga destinasi Negara yang memilki kesenjangan gender yang sangat kentalpada wanita. Awal beredarnya berita ini dari website Reddit yang pada saat itu bersamaan denga hari kebangkitan dan emansipasi wanita di seluruh dunia.

Assosiasi Pilot Wanita Seluruh Dunia atau International Society Of Women Airline Pilots memprakirakan terdapat 4000 pilot wanita yang ada di dunia dari total jumlah pilot 130.000 yang ada di dunia. Bahkan terdapat 450 pilot wanita yang menjadi kapten dari beberapa Negara.

Justru sebaliknya dengan para awak pesawat di Brunai, di Saudi Arabia Cuma pria saja yang dapat nempunyai surat izin untuk mengemudi mobil dan berbagai alat transportas lainnya. Terlebih bila mengemudi pesawat, sesuatu yang mustahil diperoleh wanita arab. Di arab, wanita yang ktahuan mempunyai SIM akan ditangkap.

Berbeda dari arab Saudi, royal brunei malah mempunyai program untuk menambah para awak wanita untuk terbang di beberapa Negara. Kapten wania pertama di pesawat royal brunei adalah sharifah czarena surainy menyebutkan bahwa sebagai wanita, ini merupakan prestasi terbesar untuknya dan khususnya bagi wanita.

Ia berharap sekali dapat memotivasi para perempuan di generasi muda untuk mencapai profesi dan keinginan apapun yang didambakan nantinya. Karena sama saja pada siapapun, gender bukan batas dan mereka memunya kesempatan untuk mencapainya. Walaupun masih ada kesenjangan gender baik wanita atau pria pada bidang pekerjaan, namun nyatanya kru pesawat maskapai penerbangan di berunei bila membuktikan bahwa tak ada yang tak mungkin bagi wanita bila mereka mau dalam berusaha memperoleh apa yang diinginkan di dunia. Benarkan ladies ?