Hidup Bebas Stress, Yuk Terapkan Pola Makan Sehat | Tren.co.id

Hidup Bebas Stress, Yuk Terapkan Pola Makan Sehat | Tren.co.id

Tren.co.id – Pola makan sehat tak Cuma sebagai pencegah timbulnya berbagai penyakit pada tubuh, tapi nyatanya juga mampu mempengaruhi kesehatan dalam segi pikiran. Hal ini terbukti dari beberapa penelitian ilmiah.

‘’ Secara intuitif, kita sudah mengetahui kalau kesehatan fisik juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental atau sebaliknya. Namun, mengenai efek langsung makanan pada kesehatan mental, baru beberapa tahun yang lalu dibuktikan dengan ilmiah, ‘’ jelas Dr.Felice Jacka, seorang peneliti di barwon psychiatric research unit deakin university di laman abc.net.au.

Menurut analisa yang dilakukan pada 3000 responden, orang dewasa yang mengubah pola makan menjadi lebih sehat, kesehatan mentalnya juga semakin bertambah baik dua tahun kedepan. Dr. Felice juga menganalisis diet 1000 responden wanita dengan memperhatikan makanan yang dimakan mereka berpengaruh untuk kesehatan mental mereka. Diet sehat sangat efektif dalam mengatasi gejala depresi.

Tak perlu diet yang sangat sempurna, tapi berusahalah untuk terus memastikan makanan anda apakah sudah cukup buah dan sayur tiap hari. Selain itu, anda perlu melengkapi diet harian dengan daging tanpa lemak atau ikan sebanyak dua kali dalam seminggudan gandum utuh.

sayur jadi bagian makanan yang perlu diperbanyak untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Saran yang dianjurkan yakni lima sajian sayur sementara buah cukup dua sajian.
Dr. Felice memang tak menyebutkan bahwa diet sehat dapat 100% mencegah depresi, stress atau mood negative.

Tapi berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, kualitas makanan yang dikonsumsi lebih berpengaruh dalam hal mengurangi kemungkinan terganggunya kesehatan mental. Selain melalui makanan, menjaga kesehatan mental juga harus diimbangi dengan bermacam-macam kegiatan positif seperti berlibur, meditasi, olahraga atau menghirup aromaterapi.