Hindari Sejumlah Makanan Tidak Sehat Pemicu Rambut Rontok | Tren.co.id

Hindari Sejumlah Makanan Tidak Sehat Pemicu Rambut Rontok | Tren.co.id

Tren. Co. Id – Ternyata pemicu kerontokan rambut bukan cuma faktor hormon, usia dan kebiasaan tidak sehat lainnya. Namun ada lagi hal yang memicu rontoknya rambut yaitu faktor makanan yang dikonsumsi.

Dikatakan dalam laman livestrong, ada sejumlah makanan yang berisiko memicu rambut rontok diantarnya adalah makanan pedas. Rasa pedas menyebabkan sirkulasi darah menjadi ekstrem dan menyebabkan kulit kepala berkeringat.

Keringat yang dihasilkan tadi menjadi berbentuk sebum, yaitu sejenis zat berminyak yang tersusun dari lemak serta keratin sehingga kulit kepala menjadi tertutup dan mengalami kesusahan bernafas karena kurangnya oksigen. Kekurangan oksigen memicu kulit kepala menjadi rusak dan folikel rambut atau kantung kecil keberadaan akar perhelai meenjadi tertutup.

Selain makanan pedas, makanan berlemak cotohnya gorengan termasuk juga golongan makanan penyebab kerontokan rambut. Sebab, kandungan kolestrol yang tinggi di gorengan bisa membuat metabolism terganggu sehingga menyebabkan rambut rontok.

Konsumsi berlebih pada minuman beralkohol dan kopi menjadi pemicu kerontokan rambut selanjutnya. Berdasarkan hasil riset di Universitas Maryland menyatakan alkohol, kopi dan rokok membawa peranan penting dalam permasalahan kerontokan rambut.
Supaya permasalahan kerontokan rambut tak berkepanjangan, disarankan mulai mengubah menu makanan anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, ketika sarapan pilihlah pola makanan yang berisi protein contohnya daging merah, ikan, putih telur dan ayam.

Protein sangat diperlukan dalam pembentukan keratin yang berguna sebagai pelindung rambut. Bahkan kebutuhan zat besi sangat penting juga bagi pertumbuhan rambu, kebutuhan zat besi dapat anda peroleh dari kacang-kacangan, sayuran hijau tua serta buah-buahan.