Ibu Jangan Panik, Ini 4 Penyebab Anak Remaja Sulit Makan | Tren.co.id

Ibu Jangan Panik, Ini 4 Penyebab Anak Remaja Sulit Makan | Tren.co.id

Tren.co.id – Seringkali para orangtua merasa cemas dan khawatir dengan keadaan putra putrinya mereka yang baru beranjak dewasa dan seringkali sulit makan, nah bagi para orang tua, tidak perlu cemas-cemas lagi, inilah faktor-faktor yang membuat anak remaja anda menjadi sulit makan:

1. Stres
Stres merupakan salah satu penyebab para remaja jadi tidak nafsu makan. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti masalah putus cinta, masalah di sekolah seperti pelajaran, bisa jadi mendapat nilai jelek atau punya masalah dengan gurunya, olahraga, dan faktor-faktor lainnya yang berhubungan dengan kesehariannya.

2. Depresi
Remaja dapat menderita depresi karena berbagai alasan. Stres yang tidak semestinya, adalah salah satu gejala awal depresi. Salah satu gejala utama depresi adalah berkurangnya nafsu makan atau perubahan pola makan. Perubahan pola tidur, kurangnya minat dalam mengerjakan banyak kegiatan, dan lain sebagainya.

3. Gangguan Makan
Karena baru beranjak dewasa banyak anak remaja yang sering kali sangat terobsesi dengan idolanya, sehingga menyebabkan mereka berusaha mati-matian agar bisa tampil seperti idola mereka. Tidak terkecuali dengan diet keras yang menyebabkan mereka menjadi anoreksia. Hal ini membuat mereka sangat takut menyentuh makan.

4. Sedang sakit
Ketika sedang sakit seperti flu, radang tenggorokan, dan penyakit lainnya disekitar mulut, otomatis akan membuat nafsu makan menjadi menurun. Hal ini wajar karena tubuh saat itu sedang tidak stabil, sehingga makanan yang biasanya terlihat menarik menjadi terlihat tidak menarik disaat para remaja itu sedang sakit.