Imunisasi BCG bisa Cegah Penularan Tuberkulosis | Tren.co.id

Imunisasi BCG bisa Cegah Penularan Tuberkulosis | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Imunisasi dasar merupakan salah satu cara untuk mencegah tuberkulosis pada anak-anak serta bagi orang dewasa. Salah satunya dengan memberikan vaksin Bacillus Calmette Guerin atau disingkat dengan BCG.

Hal ini telah dikatakan oleh dr HM Subuh, MPPM, selaku Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan.

“BCG merupakan salah satu bentuk dari imunisasi dasar guna mencegah tuberkulosis. Maka, bisa kita informasikan kepada keluarga sehingga mau memberikan kepada anaknya imunisasi dasar sejak usia mereka masih bayi.” ujag dr HM Subuh, MPPM.

Tambah beliau, selain imunisasi dasar, setiap orang juga wajib untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjalankan pola hidup yang sehat. Yang paling penting, menjaga kebersihan lingkungan sehingga terhindar dari berbagai macam kuman yang dikhawatirkan kuman tersebut bisa memicu terjadinya penyakit tuberkulosis.

Karena munculnya kuman tersebut, juga banyak disebabkan oleh faktor lainnya, tidak hanya dari 1 sumber saja. Seperti contohnya kebersihan sanitasi, lingkungan, perumahan, bahkan hingga faktor daya taha tubuh yang dimiliki oleh seseorang itu.

“Faktor yang lain masih cukup banyak, selain disuntik dengan BCG, kita juga harus tetap menjaga hidup bersih serta sehat untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.” pungkasnya.