Info Sehat : Wali Kota Chicago Setuju 7 Polisi Penembak Laquan Dipecat

Info Sehat : Wali Kota Chicago Setuju 7 Polisi Penembak Laquan Dipecat

TREN.CO.ID – Info Sehat : Wali Kota Chicago Setuju 7 Polisi Penembak Laquan Dipecat

Rahm Emanuel. Gambar: Sun Times

CHICAGO – Walikota Chicago, Rahm Emanuel menuturkan ia mensupport keputusan pengawas kepolisian Eddie Johnson buat memecat ketujuh petugas kepolisian sebab diduga berbohong berkaitan penembakan fatal tahun 2014 terhadap Laquan McDonald.

Emanuel menyatakan komentar pertamanya ini sejak Johnson mengumumkan hal ini pekan lulu kalau ia bakal memecat petugas setelah laporan berkaitan penembakan itu tak sesuai sama foto yang di ambil terhadap video. Polisi Jason Van Dyke menembak remaja berkulit hitam, McDonald.

“Saya menuturkan dengan terang kalau ini menjadi problem buat Departemen Kepolisian serta saya meyakini dalam proses pengawanannya,” katanya dikala di tanya apakah proses hukum tujuh perwira udah dilanggar.

Apakah pemecatan mesti disertakan lebih banyak polisi, termasuk supervisor yang awalnya memerintah Van Dyke mengikuti prosedur yang pas dalam menembak McDonald 16 kali, Emanuel menuturkan: “Saya tak meyakini buat berkomentar terkait penyelidikan, menurut saya inspektur udah mengambil perbuatan yang pas serta itulah mengapa saya mensupport mereka.”

Emanuel juga di tanya berkaitan mantan pengawas kepolisian Garry McCarthy yang baru-baru ini menuturkan kalau pemecatan terhadap banyak polisi ini bisa membahayakan penyelidikan kriminal yang lagi tengah berlangsung pada Van Dyke, yang udah dituduh lakukan pembunuhan dalam kematian McDonald.

Emanuel memecat McCarthy akhir tahun Selanjutnya. Ia menuturkan inspektur udah jadi perhatian di tengah protes yang meluas setelah lounching dashcam video yang menunjukkan Van Dyke menembak McDonald 16 kali saat remaja berumur 17 tahun tersebut berjalan dengan membawa pisau.

“Sebenarnya, saya tak bakal menanggapi pertanyaan tersebut,” kata Emanuel. “Saya pikir inspektur mengambil perbuatan yang pas, memberinya kebebasan buat mengambil perbuatan yang pas serta bisa memulihkan kepercayaan di Departemen Kepolisian serta juga memulihkan kepercayaan di masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Isi dashcam video itu bertentangan dengan pernyataan yang diberikan oleh petugas berkaitan ancaman yang ditimbulkan oleh McDonald, yang membawa pilau 3-inch, miliki PCP dalam sistem serta diduga membobol mobil.

Juga sebagai perbuatan antisipasi dibuat pekan Selanjutnya dalam Balai Kota serta Kepolisian berkaitan bagaimana Johnson bakal bertindak atas laporan Ferguson terkait penembakan terhadap Oktober 2014, walikota berulang kali menuturkan ia bakal berdiri di belakang keputusan inspektur.

Emanuel menuturkan ia udah bangun suatu “tembok Cina” pada kantor serta Kepolisian buat menjaga politik dari penguasa. Serta ia buat kasus ini ada di posisi yang tak menguntungkannya dengan cara politik, dengan alasan wartawan bakal memberitakan seandainya dia menyerukan kalau petugas bakal dipecat.(ray/tren)