Ingin Tampil Cantik, Berikut Cara Merawat Wajah Yang Baik dan Benar

Ingin Tampil Cantik, Berikut Cara Merawat Wajah Yang Baik dan Benar

01/4/15 9:53 AM

Tren.co.id Banyak wanita yang ingin selalu tampil cantik tapi tidak mengetahui cara merawat wajah yang benar. Sehingga, seringkali dalam melakukan perawatan misalnya mencuci muka, mengapa justru kulit menjadi rusak, kering atau bahkan berjerawat. Itu karena ketidak tahuan sang pemilik wajah bagaimana cara mencuci wajah dengan benar.

Wajah adalah bagian dari diri kita yang paling sensitif dan paling sering dilihat oleh lawan bicara. Oleh sebab itu, wajah harus tetap dalam keadaan bersih dan terawat. Jika tidak, wajah anda akan terlihat kusam dan tidak menarik. Beberapa wanita menganggap, kalau tampil cantik itu harus mengeluarkan banyak biaya, padahal, tampil cantik tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Akan tetapi, dengan perawatannya rutin serta dengan mengetahui teknik-teknik dalam mencuci muka atau merawat muka adalah kuncinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk menjaga dan merawat wajah dengan benar:

1. Mencuci muka dengan baik dan benar

Langkah pertama untuk merawat wajah yang baik dan benar adalah dengan mencuci muka secara benar. Mencuci muka tidak bisa sembarangan. Karena, apabila anda mencuci muka secara tidak tepat maka hasilnya pun tidak akan maksimal, atau bisa jadi dengan mencuci dengan teknik yang salah menyebabkan wajah menjadi kering.

Setelah beraktivitas seharian di luar ruangan, ada baiknya anda mencuci muka dengan menggunakan facial foam yang tidak mengandung terlalu banyak busa dan parfum. Hal ini penting karena, busa dan parfum menyebabkan kulit menjadi kehilangan kelembabannya.

Sedangkan bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak. Pada pagi hari ketika bangun tidur, ada baiknya anda menggunakan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori, agar kelebihan minyak pada wajah bisa keluar. Kemudian cuci dengan menggunakan sabun muka, lalu bilas dengan air dingin. Air dingin digunakan untuk menutup kembali pori-pori wajah yang terbuka.

Jangan mencuci wajah terlalu sering, apalagi dengan menggunakan sabun. Karena, dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya. Terlebih, apabila anda merasa setelah mencuci muka, wajah masih saja licin dan tidak kesat. Anda harus memperhatikan hal ini, wajah yang kesat menandakan bahwa kulit kehilangan kelembaban alaminya.
Gunakan hanya sabun muka dan jangan gunakan sabun badan di wajah. Karena, sabun yang terlalu keras dapat menyebabkan wajah memproduksi minyak lebih banyak lagi.

2. Menggunakan tabir surya

Apabila anda sering keluar atau beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Biasakanlah menggunakan tabir surya. Karena dengan menggunakan tabir surya, secara tidak langsung kita juga akan melindungi wajah dari sengatan sinar matahari, dan bahaya lainnya seperti sinar UVA dan sinar UVB.

3. Berikan wajah nutrisi dan vitamin

Wajah membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk membuatnya tetap dalam keadaan lembab, serta untuk mengganti sel-sel kulit mati. Selain memenuhi nutrisi dan vitamin dari dalam, kita juga bisa memenuhi nutrisi dan vitamin untuk kulit dari luar.

Caranya adalah dengan menggunakan masker-masker alami. Atau, dengan menggunakan beberapa masker dari produsen kosmetik yang mengandung bahan alami.
Masker yang kita gunakan sebelum tidur akan bekerja lebih efektif. Karena, saat kita tidur, kulit melakukan regenerasi dan masker akan membantu memenuhi nutrisi dan vitamin bagi kulit.

4. Hindari terlalu sering menyentuh wajah

Saat anda beraktifitas seharian kadang tidak sadar telah memegang sesuatu yang banyak mengandung bakteri. Oleh sebab itu, ketika anda tidak tahu apakah tangan anda bersih dan bebas kuman atau tidak, jangan menyentuh wajah sebelum anda mencucinya. Karena, salah satu penyebab jerawat biasanya adalah bakteri. Apabila terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, akan menyebabkan wajah di penuhi oleh bakteri-bakteri berbahaya penyebab jerawat.

5. Melakukan olahraga, terutama untuk wajah

Olahraga tidak hanya untuk badan, akan tetapi wajah juga membutuhkan olahraga. Olahraga wajah sangat sederhana, caranya adalah. Dengan tertawa atau tersenyum. Dengan begitu otot-otot wajah akan bekerja. Selain itu, anda juga dapat melakukan olahraga ringan untuk wajah dengan mengunyah. Misalnya dengan mengunyah permen karet.

Nah.. mudah bukan? selamat mencoba.

Bagikan di Facebook KecantikanPerawatantipsWajahWanita