Ini 3 Penyebab Rambut Rontok Di Usia 20-An Tahun

Ini 3 Penyebab Rambut Rontok Di Usia 20-An Tahun

Tren.Co.Id – Apakah anda tahu ternyata bukan hanya laki-laki yang berusia 40 tahun saja yang beresiko mengalami kebotakan, namun juga laki-laki yang baru berusia 20 tahunan juga beresiko botak. Mengapa?

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan secara berlebihan. Oleh karena itu apabila anda tidak ingin botak maka hindari 3 kebiasaan buruk ini yang dapat membuat rambut anda menjadi rontok dan akhirnya mengalami kebotakan.

baca juga : Tatanan Model Rambut Formal & Non Formal Masa Kini

3 Penyebab Rambut Rontok

3 penyebab ini berhasil kami kutip dari Times of India, hal ini disampaikan oleh spesialis rambut asal Swedia yaitu dr Fred Zuli dan peneliti dari Itali yaitu dr Falvio Ferrari. Adapun 3 penyabab laki-laki dapat mengalami kebotakan di usia muda adalah:

Kurangnya nutrisi

Rambut juga membutuhkan nutrisi untuk proses pertumbuhannya. Hubungan pertumbuhan rambut dengan asupan nutrisi yang kita konsumsi memang terbilang sederhana. Pada dasarnya rambut terdiri dari protein yang dinamakan keratin olah karena itu kita diharuskan mengonsumsi protein dalam menu makan sehari-hari. Apabila tubuh kekurangan nutrisi demi memenuhi kebutuhan nutrisi lain maka membuat rambut kehilangan nutrisinya. Salah satu spesialis rambut Dr Shas menyarankan sebaiknya mengonsumsi sayur-sayuran, tahu dan susu. Selain itu ditambah dengan konsumsi teh hijau demi menghalangi timbulnya hormon dihidrotestosteron (DHT) yaitu hormon yang nantinya akan menyebabkan kerontokan.

Stres

Stres adalah penyebab kedua yang sering menjadi faktor penyebab kerontokan baik pada laki-laki ataupun perempuan pada usia muda. Apalagi untuk mereka yang tinggal di perkotaan akan mengalami stres lebih tinggi dan membuat rambut mereka mengalami kerontokan dengan tidak terkendali.

Akibat merokok dan minum alkohol

Nikotin yang ada pada rokok telah lama diperbincangkan sebagai kandungan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, bahkan nikotin ini dapat mempersempit pembuluh darah. Akibat sempitnya pembuluh darah berakibat mengurangnya pertumbuhan rambut dan akhirnya dapat mengurangi nutrisi pada rambut anda. sedangkan untuk alkohol telah diketahui dapat menyerap zat besi yang ada dalam tubuh dan dapat menghambat penyerapan zinc. Bahkan dengan mengonsumsi alkohol dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan mengganggu penyerapan nutrisi penting. Apalagi seperempat rambut mengandung air maka alkohol yang berlebihan membuat rambut menjadi rapuh.

Apabila anda telah mengalami masalah kerontokan maka segeralah cari solusi dalam mengatasinya agar tidak berakibat fatal menjadi kebotakan. Adapun solusi yang dapat dilakukan ialah:

  • Tidur 7 sampai 8 jam per hari
  • Minum 1 gelas air untuk setiap jam (8-10 gelas per hari)
  • Konsumsi makanan yang kaya protein karena dapat memberi 80 persen kesehatan bagi rambut anda. beberapa makanan sehat seperti sayur-sayuran hijau, gandum, susu dan kacang-kacangan.

baca juga : 6 Khasiat Ajaib Buah Apel Untuk Kulit Dan Rambut Anda

Itulah 3 penyebab masalah kebotakan yang kerap dialami oleh laki-laki, apabila anda mengalami gejala tersebut maka ikutilah beberapa solusi yang telah kami berikan di atas.