Ini Alasannya Mengapa Rokok Bisa Sebabkan Kecanduan

Ini Alasannya Mengapa Rokok Bisa Sebabkan Kecanduan

Semua orang tentu sudah tahu bahwa rokok mampu merusak kesehatan tubuh manusia. Rokok bisa menyebabkan beberapa penyakit mematikan diantaranya kanker, penyakit jantung, impotensi, serta gangguan kesehatan lainnya.WHO sendiri telah menginformasikan bahwa sekitar 4 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya yang disebabkan oleh rokok. Namun anehnya semakin hari jumlah perokok pun semakin meningkat.

Fatalnya lagi bila sudah terjebak, kebiasaan menghisap rokok ini sangat sulit dihilangkan. Hal ini dikarnakan kandungan zat adiktif yang terkandung pada rokok yang bisa menyebabkan sifat candu. Zat adiktif yang terkandung pada rokok adalah nikotin dimana nikotin terkandung dalam tembakau yang ada pada rokok tersebut.

Kecanduan Pada Rokok Disebabkan Nikotin Yang Terkandung Didalamnya

Nikotin sendiri merupakan golongan zat adiktif yang mampu menyebabkan ketergantungan serta bisa mempengaruhi keseimbangan kimia yang terdapat pada otak khususnya dopamine & norepinephrine (Cairan kimia yang mampu mengendalikan rasa rileks & bahagia).

Lalu saat efek nikotin mulai bekerja maka level konsentrasi & mood seseorang akan berubah. Si perokok akan merasa bahwa efek tersebut nikmat dan juga menyenangkan.

Baca juga : Apa? Makanan Enak Ini Bikin Kamu Cepat Tua?

Perubahan ini pun terjadi sangat cepat, saat si perokok menghisapnya maka nikotin akan langsung menuju otak dimana efek tadi bekerja. Inilah sebabnya mereka yang merokok sangat menikmati efek nikotin tersebut serta menjadikan efek tersebut ketergantungan. Lantas disaat yang sama ketika terjadi ketidakseimbangan kimia pada otak akibat jumlah dopamin serta norepinephrine yang berlebihan, otak akan mencoba untuk menyeimbangkannya kembali.

Sistem pertahanan yang terjadi secara otomatis ini akan mengeluarkan efek semacam kimiawi “anti nikotin”. Nah saat hal ini terjadi maka akan membuat si perokok merasa kurang bersemangat, depresi, mood yang menurun serta merasa tak tenang bila tidak merokok. Otak pun merespon kembali bahwa dengan merokok lah rasa depresi tadi hilang.

Baca Juga : Wow, Ternyata 3 Buah Ini Bisa Kuruskan Badan

Itulah proses terjadinya kecanduan pada rokok, untuk itu daripada anda mencoba berhenti yang akan menyiksa diri anda sendiri lebih baik hindari. Perlu anda ketahui bahwa tingkat ketergantungan pada rokok dan nikotin bisa sangat kuat, bahkan ada beberapa penelitian menyatakan nikotin pada rokok bisa lebih adiktif dibanding jenis obat obatan lainnya.