Ini Dia 6 Tips Sehat Memilih Minyak Goreng

Ini Dia 6 Tips Sehat Memilih Minyak Goreng

Tren.Co.Id – Minyak goreng memang banyak kegunaannya, contohnya seperti menggoreng ikan, ayam dan juga jenis makanan yang lainnya. Selain itu juga biasanya minyak digunakan untuk menumis sayuran seperti kangkung dan juga bayam, namun sayangnya masih banyak ibu rumah tangga yang tak paham dengan ciri minyak goreng yang baik untuk digunakan. Dibawah ini ada beberapa tips sehat untuk memilih jenis minyak goreng yang bisa anda tiru dirumah.

Salah satu ciri untuk memastikan minyak goreng ini yakni dengan memperhatikan komposisi, sebelum anda membeli minyak goreng pastikan lah untuk membaca komposisinya terlebih dulu. Jika bahan – bahannya sudah terbuat secara alami dan higienis maka barulah anda mengambilnya.

  1. Pergunakan Minyak Goreng Dengan Baik

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan minyak goreng dengan baik, maksudnya disini adalah jangan sampai menggunakan minyak goreng sampai berkali – kali apalagi sampai berubah warnanya. Mengapa cara ini dilarang? Karena apabila terlalu sering menggunakan minyak yang sama, maka hal ini bisa saja tidak akan mengandung vitamin lagi bahkan cukup berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga : 4 Cara Menghilangkan Getah Buah Nangka Yang Paling Ampuh

Selain itu juga, jangan terlalu panas saat menggoreng sesuatu, hal ini disebabkan zat radikal bebas yang ada pada minyak goreng ini bisa hilang jika api kompor anda terlalu besar. Oleh karena itu, kecilkan sedikit nyala apinya.

  1. Pilih Jenis Minyak Yang Jernih

Berikutnya adalah dengan memilih jenis minyak goreng yang terlihat jernih, terkadang ada beberapa jenis minyak yang kejernihannya masih lima puluh persen. Oleh karena itu anda harus lebih jeli lagi.

  1. Pilih Minyak Yang Tidak Mudah Beku

Minyak yang mudah beku biasanya kurang baik untuk dikonsumsi, itulah sebabnya saat anda berada disupermarket sebaiknya pilih jenis minyak yang tidak mudah beku. Sehingga saat menggunakan minyak ini jadi lebih praktis.

  1. Pilihlah Yang Mengandung Vitamin

Anda bisa memilih jenis minyak goreng yang banyak mengandung vitamin omega 3 nya, ini akan berfungsi untuk membantu dalam menyehatkan jantung keluarga anda. Itulah sebabnya, omega 3 ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Tujuan dari pemilihan minyak rendah lemak adalah untuk menghindari terjadinya peningkatan kolesterol yang ada dalam tubuh, karena hal ini sudah pasti bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi Agar Pulen Dan Tidak Mudah Basi

Pemilihan minyak goreng ini tentunya akan menjadi pelajaran bagi ibu rumah tangga, sehingga bisa tetap hidup sehat dan juga terhindar dari penyakit.