Ini Dia 7 Cara Mudah Untuk Tetap Sehat Selama Haid

Ini Dia 7 Cara Mudah Untuk Tetap Sehat Selama Haid

Tren.Co.Id – Saat kita sedang menjalani menstruasi, biasanya kebanakan wanita merasakan sakit di segala tubuh, contohnya di bagian pinggang, dada, dan yang lainnya. hal ini dikarenakan adanya dinding rahim yang runtuh karena tidak dibuahi, sehingga haid pun terjadi. Walaupun anda sedang haid, namun bukan berarti harus istirahat total, karena disini saya mempunai cara mudah agar tetap sehat selama menjalani haid.

7 Contoh Cara Mudah Dan Ampuh Agar Tetap Sehat Selama Menstruasi

  1. Mengompres Dengan Air Hangat

Salah satu cara agar tetap sehat saat haid adalah dengan mengompres bagian tubuh yang sakit, contohnya perut anda kram karena haid maka anda dapat mengompresnya dengan menggunakan air hangat.

Kompres dengan menggunakan anduk atau pun kain yang daya serapnya tinggi. Tujuan dari cara ini adalah untuk mengurangi rasa sakit yang ada di bagian perut, sehingga setelah di kompres perut anda pun akan kembali normal seperti biasanya.

Saat anda sedang menstruasi, saya sarankan agar lebih banyak mengkonsumsi air putih. Hal ini dikarenakan kita banyak kehilangan cairan, itulah sebabnya anda di wajibkan untuk mengkonsumsi air minum yang lebih banyak. Dengan banyak minum, maka tubuh tidak akan dehiderasi atau kekurangan air.

Sayuran juga sangat berperan penting dalam menjaga tubuh saat haid, dengan banyak makan sayur maka kondisi tubuh pun akan tetap sehat dan juga segar. Contoh jenis sayuran yang dapat di makan seperti sayur kol, sayur  kubis, dan sayuran yang sehat lainnya.

Baca Juga : 9 Rahasia Menjaga Organ Kewanitaan

  1. Jangan Lupakan Buah – Buahan

Buah juga sangat penting untuk di konsumsi, buah – buahan ini mengandung vitamin yang tentunya sangat penting bagi tubuh dan sistem pencernaan. Buah jeruk, pear, semangka adalah jenis buah –  buahan yang banyak sekali mengandung air. Jika dikonsumsi dengan rutin, maka badan pun tetap segar dan sehat.

  1. Perbanyak Makanan Kalsium

Perbanyak lah makan makanan yang mengandung kalsium, hal ini dikarenakan untuk mengurangi rasa kram dan sakit yang anda rasakan selama haid, dengan cara ini maka rasa sakit pun akan berkurang.

Selain kalsium, zat besi juga sangat di butuhkan untuk mengurangi rasa sakit yang di derita selama menstruasi, dengan cara ini maka sudah pasti rasa kram anda akan hilang.

Saat anda haid, jangan lupakan olahraga walaupun hanya sekedar olahraga ringan. Dengan berolahraga, maka otot perut dan yang lainnya pun akan kendur, sehingga tidak akan membuat syaraf menjadi tegang.

Baca Juga : 5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur

Itulah tadi 7 cara mudah agar tetap sehat dan segar selama menstruasi, semoga dapat menambah wawasan kita ya ladies.

cara tetap sehat, sehat selama haid, tips tubuh sehat