Ini Dia Penyebab Borosnya Baterai Di Perangkat Android | Tren.co.id

Ini Dia Penyebab Borosnya Baterai Di Perangkat Android | Tren.co.id

Tren.co.id  – Penelitian yang dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, membuktikan bahwa perangkat Android banyak mengirimkan data yang tidak penting.

Aliran data yang terjadi di belakang layar ini merupakan penyebab utama baterai perangkat Android cepat habis.

Penelitian di MIT menghasilkan kesimpulan bahwa aliran data yang dikirim dan diterima di background pada sekitar 500 aplikasi Android ternyata tidak penting dan tidak berguna.

Misalnya, aplikasi Walmart akan terhubung dengan eBay saat user memindai barcode suatu produk. Hal ini tidak berguna jika koneksi antara Walmart dan eBay terputus.

Para peneliti MIT memodifikasi 47 aplikasi untuk membuktikan teorinya. Ternyata 30 di antaranya berjalan tanpa masalah, sementara sisanya hanya mengalami masalah kecil, seperti iklan yang tidak muncul.

Dikutip dari dari Engadget, Senin (23/11/2015), bahwa tidak semua data yang dikirim Android merugikan, atau masalah tersebut hanya terjadi pada ponsel Android tertentu.

Setengah dari data yang dikirim secara background adalah data analitis, seperti laporan performa ponsel dan crash ke server Android, sama seperti yang terjadi di iOS

Contoh lainnya, ada beberapa data yang dibutuhkan aplikasi agar dapat berjalan efektif, seperti menyimpan konten agar aplikasi tetap berfungsi saat koneksi offline

Jika ditemukan banyak pengembang menciptakan aplikasi yang sering mengirim data tidak penting, maka sangat besar resiko data pengguna tersebar.