Ini Manfaat Banyak Teman Saat Usia Anda 20-an

Ini Manfaat Banyak Teman Saat Usia Anda 20-an

Tren.Co.Id – Apakah saat ini teman anda banyak? Ternyata memiliki banyak teman bermanfaat demi membentuk diri menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Coba anda ingat, sewaktu anda kuliah atau masih sekolah anda termasuk kupu-kupu atau kura-kura? Kupu-Kupu artinya kuliah pulang kuliah pulang, sedangkan kura-kura kuliah rapat kuliah rapat.

baca juga : 8 Manfaat Yang Bisa Didapatkan Anak Setelah Mendengarkan Dongeng

Nah, untuk anda yang tergolong aktif bergaul atau bersosialisasi ketika masih kuliah ternyata sangat bermanfaat saat anda tua. Banyak yang mengatakan dan membuktikan bahwa hubungan sosial sebenarnya akan berdampak juga pada kesehatan seseorang secara keseluruhan termasuk psikologisnya. Selain itu, berdasarkan studi dari University of Rochester, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mereka yang aktif saat kuliah memiliki kehidupan sosial yang akan lebih baik. Misalnya banyaknya teman juga mampu mempengaruhi kebahagiaan anda di saat tua nanti.

Menurut pemimpin dari penelitian ini yaitu Cheryl Carmichael mengatakan bahwa mereka yang aktif bersosialisasi di usia 20-an maka mereka akan memiliki emosi yang lebih baik saat berusia 50-an. selain itu, Carmichael juga menjelaskan bahwa banyaknya koneksi sosial saat kita berusia 20 tahun ternyata bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya. Selain itu, ini mampu membuat kita sadar siapa diri kita sebenarnya sehingga membuat diri menjadi lebih dewasa.

Ini karena di usia 20-an kita akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi dan pendidikan, selain ini akan adanya berbagai pendapat serta nilai-nilai yang berbeda. Berdasarkan pengalaman inilah kita akan belajar mengelola perbedaan. Akan tetapi jika seseorang yang telah berusia 30-an memiliki banyak teman sebenarnya ini tidak terlalu signifikan bagi psikosial orang tersebut. Di usia 30-an yang penting adalah bagaimana kualitas hubungan pertemanan tersebut akan memberikan kepuasan hidup.

baca juga : Ini 4 Kebiasaan Buruk Yang Akhirnya Merusak Tubuh Anda Dengan Cepat

Lantas bagaimana untuk mereka yang tidak memiliki hubungan pertemanan yang baik ketika masih kuliah? Jawabannya, sedikit memiliki hubungan sosial sama buruknya dengan bahaya yang ditimbulkan merokok, minum alkohol dan obesitas menurut penulis studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psychology and Aging ini.