Ini Sebabnya Kenapa Anda Perlu Mengatur Keuangan Di Usia 20-an

Ini Sebabnya Kenapa Anda Perlu Mengatur Keuangan Di Usia 20-an

Tren.Co.Id – Walaupun masih muda, bukan berarti tak perlu untuk mengelola keuangan. Di usia 20-an, anda perlu untuk mengatur keuangan anda dengan cermat agar lebih mapan di masa depan. Tapi jangan pula selalu berhemat, jadinya anda tak bisa bersenang-senang. Anda dapat menikmati masa muda dan terhindar dari masalah financial dengan beberapa tips berikut ini :

Jarang untuk anak muda yang berpikir untuk mengumpulkan dana untuk pension, terutama pada orang yang masih berpenghasilan rendah atau yang mempunyai hutang. Walau begitu, menabung untuk hari tua itu penting untuk dilakukan sejak dini, apalagi anda masih belum ada tanggungan atau pengeluaran. Anda dapat mencicilnya sedikit demi sedikit.

Dalam penggunaan kartu kredit sebaiknya anda menghindari manfaatnya secara berlebihan yang akan membuat anda memiliki banyak hutang. Sebab hutang di masa muda itu dapat ‘menghantui’ anda saat anda membeli rumah, mobil, ataupun membangun keluarga di masa depan. Untuk itu, gunakanlah kartu kredit untuk hal-hal yang mendesak atau yang dapat memberikan keuntungan.

Pada umumnya orang di usia 20-an mulai bekerja dan menerima gaji, tak dapat dipungkiri bahwa uang yang di dapatkan itu diperbelanjakan untuk barang atau gaya hidup yang anda impikan. Meskipun begitu, hendaknya anda jangan menghabiskan uang terlalu banyak.

Diusia 20-an ini adalah saat yang tepat untuk mengumpulkan dana darurat. Dana ini dapat dimanfaatkan ketika ada keperluan mendesak. Menabung di waktu muda wajib untuk dilakukan Karen lebih mudah ketimbang ketika anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak.