Inilah 5 Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Inilah 5 Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Tren.Co.Id – Cara mendidik anak usia 5 tahun tentunya kewajiban orang tua, terutama yang masih sangat dini. Sering kali para orang tua merasa bingung bagaimana cara mendidik anak yang baru berusia 5 tahun ini, karena jika diberikan pendidikan yang keras maka sudah pasti akan membuat anak tertekan Nah jika anda ingin mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat mendidik anak, maka berikut ini cara mendidik anak usia 5 tahun  disertai dengan cara membimbing anak yang benar.

Bagaimana Sih Cara Mendidik Anak Umur Lima Tahun Itu?

  1. Berikan Anak Kasih Sayang Penuh

Salah satu cara mendidik anak usi 5 tahun yang benar yakni dengan memberikan kasih sayang yang utuh, jika para orang tua memberikan kasih sayang dan juga perhatian maka anak pun akan tumbuh dengan kasih sayang dan hidup bahagia. Banyak anak yang pendiam karena korban dari perceraian, oleh karena itu sebaiknya didik anak dengan penuh kasih dan juga cinta.

Baca Juga : 8 Tips Mendidik Anak Usia 4 Sampai 10 Tahun

Apabila anak mengalami kesalahan, maka sebaiknya dinasehati dan jangan pernah memukul atau menggunakan benda keras. Karena saat ini banyak sekali orang tua yang berbuat kasar pada anaknya sendiri.

Ajaklah anak untuk bermain bersama, baik itu dengan menggambar atau pun yang lainnya. dengan cara ini maka kekompakan antara orang tua dan anak pun akan tetap terjaga. Sehingga ia akan merasa bahwa orang tuanya benar – benar memperhatikan pertumbuhannya.

Pujian ini bisa anda sampaikan setelah anak melakukan sesuatu, contohnya ia baru saja menggambar dengan aneka warna, maka anda pun bisa memujinya dengan mengatakan bahwa gambaran tersebut sangat indah dan cukup bagus. Pujian bagi anak sangat penting, karena sebagai penyemangat mereka.

Sejak anak berumur 5 tahun, para orang tua seharusnya sudah harus mengenalkan agama yang dianutnya. Cara ini bisa berhasil jika orang tua mengajarinya se dini mungkin, sehingga pada saat ia dewasa akan menjadi anak yang soleh dan juga soleha. Oleh karena itu, ajarkan lah ia agama dengan mengenal Tuhan, cara shalat dan juga doa doa pendek.

Berbuat baik dan tidak merugikan adalah satu perbuatan yang terpuji, hal ini juga bisa anda tanamkan pada si kecil, cara mendidik anak usia 5 tahun ini kelak akan berguna saat ia dewasa sehingga perbuatannya kelak bisa menjadi contoh bagi saudara dan juga orang lain.

Baca Juga : Coba Ikuti 7 Cara Ini Demi Mempertajam Otak

Dengan memahami cara mendidik anak usia 5 tahun  ini, semoga menjadikan orang tua lebih bisa menguasai cara mendidik anak yang  masih berusia dini atau umur 5 tahun.

cara mendidik anak, tips mendidik anak