Inilah 5 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone

Inilah 5 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone

Tren.Co.Id – Smartphone saat ini seakan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat terutama untuk mereka yang tinggal di perkotaan. Orang-orang perkotaan menjadikan smartphone sebagai kebutuhan sekunder yang harus dimiliki. Inilah yang menjadikan smartphone seakan benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Memang banyak sekali kemudahan yang akan diperoleh ketika kita melakukan banyak hal menggunakan smartphone. Bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi seperti telepon atau sms, smartphone juga dapat menjawab kebutuhan masyarakat urban lainnya. Akan tetapi walaupun penggunaan smartphone ini bermanfaat namun dibalik kelebihannya tersebut ada dampak negatif penggunaan smartphone jika digunakan secara tidak bijak.

Apa saja dampak negatif tersebut? Simak yuk di sini.

Saat kita terus-terusan menatap layar smartphone maka otomatis mata akan lelah terus merembet ke kepala. Sakit kepala juga tidak dapat dihindarkan jika anda menggunakan smartphone secara tidak bijak. Cara melihatnya ialah dengan memegang pangkal hidung jika sakit kelapa maka akan terasa nyeri dan pusing. Jadi, untuk anda yang punya masalah seperti vertigo sebaiknya jangan menggunakan smartphone sebab ini sangat berbahaya.

  1. Gangguan pada struktur tulang

Menggunakan smartphone akan membuat posisi tubuh kita menunduk. Posisi menundukkan kepala selama berjam-jam ternyata dapat menganggu kesehatan struktur tulang punggung. Untuk jangka pendek kita akan selalu merasa pegal-pegal terutama di tengkuk leher dan untuk jangka panjang akan mengakibatkan pergeseran tulang.

  1. Gangguan tidur (insomnia)

Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa menggunakan smartphone ternyata dapat memberikan efek samping susah tidur. Misalnya untuk anda yang sering menatap layar smartphone sebelum tidur maupun selalu berinteraksi sosial media ataupun bermain games. Hal inilah yang akan mengganggu waktu tidur anda sehingga tidur anda tidak teratur disebabkan oleh mata yang sudah lelah.

Dampak negatif penggunaan smartphone selanjutnya ialah akan membuat mata menjadi lebih lelah dan iritasi. Normalnya mata kita akan berkedip 16 sampai dengan 20 kali setiap menitnya. Namun, jika menggunakan smartphone secara berlebihan maka layar smartphone ini akan membuat mata kita lelah dan hanya berkedip 6 sampai 8 kali per menit. Inilah yang membuat mata kering dan mata akan menjadi cepat lelah sehingga menimbulkan iritasi berkepanjangan. Apalagi jika anda menatap layar handphone ini di dalam ruangan gelap.

  1. Tangan menjadi kram dan nyeri

 Efek samping penggunaan smartphone yang terakhir ialah dapat membuat tangan menjadi nyeri dan kram. Hal ini disebabkan karena posisi tangan yang terus-terusan melakukan hal yang sama dalam waktu panjang sehingga inilah yang menyebabkan nyeri pada telapak tangan.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai dampak negatif penggunaan smartphone yang harus anda ketahui.