Inilah Burung Dengan Jalur Migrasi Terpanjang Di Dunia

Inilah Burung Dengan Jalur Migrasi Terpanjang Di Dunia

Inilah Burung Dengan Jalur Migrasi Terpanjang Di Dunia

Tren.Co.Id – Siapa yang pernah menyangka jika burung yang kecil, seperti contohnya burung Arctic tern (dara-laut arktik) ini memiliki jalur migrasi yang begitu panjang. Seperti yang diketahui, burung arctic tern ini mampu menempuh perjalanan yang sangat jauh, bahkan hingga sejauh 71 ribu kilometer.

Peneliti telah menggunakan teknologi pemancar yang memang sudah dipasang pada tubuh burung ini untuk mendapatkan jarak yang ditempuh dari spesies burung ini. Hasilnya mengejutkan, jika burung ini mampu terbang jauh dari Greenland menuju ke kutub selatan.

BACA JUGA  Total 700 Ribu Lebih Situs Negatif Telah Diblokir Kominfo

“Ada segala banyak asumsi yang bermunculan tentang burung ini. Akan tetapi, kini untuk pertama kalinya, kami telah berhasil membuktikan teori yang pasti mengenai burung ini.” ungkat Carsten Egevang, salah satu peneliti.

Burung ini memiliki usia hidup hingga mencapai sekitar 30 tahun. Dari hal inilah, para peneliti memperkirakan jika burung ini mampu untuk menempuh jarak 2,4 juta kilometer selama hidupnya.

Mengenai rute yang berhasil burung ini tempuh, Carsten mengatakan jika burung ini bisa mengambil jalur yang menarik, dengan secara zig-zag.

BACA JUGA  Inilah Capung yang Mampu Pecahkan Rekor Terbang Terjauh!

Hewan ini tak akan pernah mengambil jalan yang lurus, ia selalu mencoba singgah ke benua Amerika ataupun ke benua Afrika, sebelum ia berhasil mencapai ke tempat tujuannya. Demikian itu, seperti yang telah dikutip dari National Geographic, Minggu (13/3/2016).