Jangan Tunda Kehamilan! Ini Dampak dari Wanita yang Hamil di Usia 40-an

Jangan Tunda Kehamilan! Ini Dampak dari Wanita yang Hamil di Usia 40-an

Jangan Tunda Kehamilan! Ini Dampak dari Wanita yang Hamil di Usia 40-an

Tren.Co.Id – Berbagai alasan yang dilakukan sebagian wanita untuk menunda memiliki anak. Namun, pada wanita yang baru hamil di usia 40 ke atas, cukup berisiko tinggi akan menderita gangguan penyakit.

Para ilmuan melakukan studi bahwa wanita yang melahirkan di usia 40 tahun akan dua kali lipat berisiko mengalami penyakit sroke atau serangan jantung ketimbang pada wanita yang menjadi ibu di usia yang lebih muda.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 72.000 wanita. Nah hasil studi ini dipresentasikan pada pertemuan Asosiasi Stroke Amerika di Los Angeles pada (18/2/2016) lalu.

Usia yang baik untuk kehamilan adalah di pertengahan dua puluhan. Pada wanita yang berusia 40-an cenderung tinggi akan mengalami komplikasi. Dan lagi, para ahli mengungkapkan bayi yang lahir pada ibu yang berusia 40an akan berisiko cacat lahir.

Risiko yang terjadi dari penyakit stroke atau serangan jantung pada wanita yang hamil pada usia 40-an dikarnakan memiliki tekanan darah yang tinggi, kolesterol tinggi, ataupun diabetes.

Mengingat para selebriti The British Festility Society (BFS) tahun lalu, memberi peringatan pada masyarakat untuk tidak ikut-ikutan.

Presiden BFS, Profesor Adam Balen mengungkapkan, para selebrity yang hamil di usia matang atau 40-an, mereka menggunakan donor sel telur atau melakukan bayi tabung. Dari hal tersebut dapat disadari mengenai risiko kesehatan dan kesuburan karena menunda kehamilan.

Contoh kasus pada selebriti yang hamil di usia matang adalah Nicole Kidman pada usia ke-43, ia melahirkan anak kedua dan menggunakan jasa ibu pengganti. Dan Mariah Carey yang menjalani proses bayi tabung pada usianya ke-41 dan mempunyai anak kembar.