Jeffry ( Mr. Jafar Kareem )

Jeffry ( Mr. Jafar Kareem )

Sebenarnya aku mulai tertarik kepada Islam ketika duduk di bangku SMP. Saat itu mata pelajaran kami adalah sejarah dunia dan membahas sejarah Islam 1400 tahun lampau. Saat itu juga beredar buku ‘Ayat-ayat Setan’ karya Salman Rushdie yang sangat menghina Nabi Muhammad SAW.Anehnya, aku tertarik membaca buku itu dan ingin mempelajari Islam dari sumbernya langsung, yaitu Al-Qurán.

Laa haula walaa quwwataa illa billah. Terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Inggris mengobati rasa haus dan dahagaku akan kebenaran sejati. Ayat-ayatnya begitu sempurna. Kitab ini juga mengatur hubungan antar sesama manusia dan hubungan seorang hamba dengan Khaliq-nya. Bahkan hubungan dengan alam semesta pun diatur, sungguh komprehensif.

Cahaya hidayah itu akhirnya datang bertepatan dengan 10 September 1990 disaat usiaku 21 tahun. Nama Islamku adalah Jafar Kareem. Sejak itu aku mulai melaksanakan syariat Islam seperti sholat, shaum, membayar zakat dan ibadah lainnya. Alhamdulillah, tak sedikitpun rasa malas menyergapku meski harus sholat 5 kali sehari dan menahan hawa nafsu ketika shaum.

Di kampus banyak temanku yang beragama Islam. Mereka berasal dari Iran, Mesir termasuk Indonesia. Aku sering bertukar pikiran dengan teman-teman muslimku. Suatu ketika, salah seorang sahabatku yang berasal dari Indonesia mengajakku mengunjungi Sumatera Barat. Ia ingin aku lebih mendalami ajaran Islam. Wow, tentu saja ajakan ini kusambut dengan hangat. Sebab memang telah menjadi niatku untuk hijrah.

Tiba di Sumbar, aku mondok di Pesantren Kejuruan Ummatan Washatan yang berada di Danau Singkarak. Kemudian aku mengajar bahasa Inggris di Ponpes Darun Najah, Jakarta. Tak terasa, aku sudah 7 tahun berada di Indonesia dan masih berupaya mendapatkan muslimah yang taat untuk menjadi pendamping hidupku.Ada lagi cita-citaku, berjihad untuk kejayaan Islam. Saat ini aku dengan temen-temen di Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) mendirikan IMI – baca juga artikelku di TREN. Satu harapanku, semoga kita dapat menjadi muslim dan muslimah yang hidup mulia dalam naungan ajaran Islam. Amiin. *(Adhes)