Jelang Kongres FIFA, Menpora Pikirkan Jalan Keluar Cabut Sanksi PSSI

Jelang Kongres FIFA, Menpora Pikirkan Jalan Keluar Cabut Sanksi PSSI

Tren.co.id – Imam Nahrawi, Menteri Pemuda san Olahraga (Menpora) masih belum berkenan mencabut sanksi asministratif yang layangkan pada PSSI. Meskipun kini asa gerakan pro Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI telah menjamur. Baginya, gerakan pro KLB PSSI ini tampaknya dapat jadi bahan pertimbangan FIFA guna mencabut suspensi pada Indonesia. Lantaran saran ini dipercayanya telah berdasarkan aturan statute.

‘’ Sore ini pernyataan saya tak berhubungan dengan cabut-mencabut,namun kita tetap menghargai pendapat anggota PSSI yang berdasarkan statute FIFA benar-benar memperoleh porsi sehingga didengar FIFA, ‘’ tutur Imam pada wartawan ketika ditemui di kantornya.

Koelompok 85 dipimpin Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menyambangi kantor PSSI, di Senayan, Jakarta Selasa (3/5/2016). Mereka yang datang sebagai wakil bagi anggotanya dan voter PSSI mendesak KLB langsung dlakukan guna mencari gantinya La Nvalla Mattalitti yang lagi kena masalah hukum.

Saat berkesempatan untuk bicara soal PSSI,Imam mengungkapkan bakal melakukan pertimbangan untuk mencabut sanksi asministratif pada PSSI bila ada keinginan dari anggotanya dalam melaksanakan KLB. Terlebih pada saat ini keadaan Indonesia tengah di ujung tanduk.

Selama 10 hari kurang, FIFA bakal melaksanakan Kongres Tahunan di Meksiko. Pada acara itu, diyakini status sanksi pada Indonesia bakal diulas. Bila mereka menilai polemic pemerintah dan PSSI tidak mendapatkan titik terang bukan tak mungkin bila sanksi tersebut diperpanjang.

Parahnya lagi bila sanksi dilayangkan ketika Kongres maka pencabutannya pun mesti lewat Kongres juga berarti baru dipertegas 2017 nanti. Imam yang ditanya perilhal tersebut hanya bungkam. Pria asal Bangkalan, Madura tersebut mengungkapkan lagi mencari jalan keluar terbaik soal pencabutan sanksi.

Terlebih, dia tak mau dinilai melanggar hukum, dimana Mahkamah Agung telah menjatuhkan validitas SK Menpora nomor 01307 soal sanksi administrative pada PSSI.

‘’ Kita juga lagi memikirkan hal tersebut karena kita mesti patuhi hukum. Dan nantinya kita juga bakal siapkan semuanya, ‘’tutur Imam.